[DAUN PEGAGAN, DAUN LIAR YANG MILIKI MANFAAT KESEHATAN]

Indonesia merupakan negara tropis yang kaya akan bermacam-macam tumbuhan. Beragamnya tumbuhan di Indonesia tentu meningkatkan potensi sumber manfaat baik untuk gizi dan kesehatan. Namun, masih banyak tumbuhan yang belum diketahui kebermanfaatannya oleh masyarakat luas, salah satu contohnya daun pegagan. Daun pegagan dikenal sebagai daun liar yang mudah ditemukan di kebun hingga perkarangan rumah, sehingga sering kali dibiarkan begitu saja ataupun dihilangkan karena dianggap sebagai hama tumbuhan. Nyatanya banyak penelitian yang mengungkapkan bahwa daun pegagan memiliki manfaat kesehatan, apa saja ya manfaat kesehatan dari daun pegagan? Yuk, kita simak penjelasannya!

Daun pegagan (Centella asiatica) adalah tumbuhan yang sering tumbuh di iklim tropis. Sejak dahulu daun pegagang dikenal sebagai daun liar oleh masyarakat. Namun, seiring dengan berkembangnya pengetahun dan pesatnya penelitan dikalangan akademisi daun pegagan menjadi salah satu bahan yang diteliti kandungannya. Menurut penelitian Orhan (2012), pegagan mengandung zat kimia diantaranya adalah asiaticosidase yang merupakan bagian saponin, zat tersebut memiliki manfaat untuk penyembuhan luka dan juga antilepra. Penelitian lainnya menemukan senyawa aktif seperti karotenoid, kalium, natrium, kalsium, zat besi, fosfor, dan vitamin B pada daun pegagan (Rahman et al. 2013).

Manfaat dari daun pegagang menurut BPOM RI (2010) yaitu sebagai antioksidan, antibakteri, meningkatkan aktivitas memori, mengatasi radang, memberi efek menenangkan dan meningkatkan fungsi mental menjadi lebih baik. Banyaknya manfaat dari daun pegagan ini menjadikan daun pegagang diolah lebih lanjut seperti teh daun pegagan yang kini sudah bisa dibeli di online shop. Bahkan terdapat penjual di Yogyakarta yang membuat coklat dengan campuran daun pegagan. Tak dipungkiri lagi daun pegagan memiliki manfaat kesehatan yang sudah dibuktikan dalam penelitian. Daun pegagan yang dulu hanya dianggap hama tumbuhan, kini beberapa masyarakat sudah sadar akan manfaatnya, bahkan sudah diolah menjadi suatu makanan dan minuman. Oleh karena itu, Pelunya sosialisasi lebih lanjut di kalangan masyarakat akan kebermanfaatan dari daun pegagan ini.

Nah teman-teman sangat bermanfaat sekali ya daun pegagan ini, teman-teman bisa juga nih berkreasi mengembangkan daun pegagan ini menjadi suatu produk makanan yang lezat dan pastinya bermanfaat untuk kesehatan.

DAFTAR PUSTAKA
1. [BPOM] Badan Pengawas Obat dan Makanan. 2010. Serial Data Ilmiah Terkini Tumbuhan Obat Pegagan (Centella asiatica L.Urban). Jakarta (ID): Badan POM RI.
2. Orhan IE. Centella asiatica (L.) Urban: from traditional medicine to modern medicine with neuroprotective potential. Evid Based Complement Alternat Med. 2012.
3. Rahman M. 2013. Antioxidant activity of centella asiatica: urban impact of extraction solvent polarity. Journal of Pharmacognosy and Phytochemistry. 1(6): 27-32.

Leave A Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *