[KONSUMSI KOPI MENURUNKAN STRES, MITOS ATAU FAKTA?]


Halo Nutrizen!
Gimana ni kabarnya? Walaupun sudah dapat melakukan aktivitas di luar rumah, semoga selalu dalam keadaan sehat ya.. Artikel kali ini, masih membahas tentang kopi nih, biasanya ketika sedang merasa stres salah satu pilihan minuman yang cocok adalah kopi. Namun, mitos atau fakta ya kopi dapat menurunkan stres? Yuk simak penjelasannya.

Stres merupakan salah satu masalah yang harus diperhatikan oleh masyarakat. Stres yang terlalu berat dan tidak segera ditangani dapat membahayakan kesehatan. Stres adalah gangguan yang terjadi pada tubuh dan pikiran yang disebabkan oleh perubahan lingkungan, tuntutan kehidupan, serta tugas-tugas yang harus kita kerjakan terutama pada masa menempuh pendidikan. Banyak cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi stres, salah satunya adalah dengan mengonsumsi kopi. Kopi menjadi salah satu minuman yang popular di Indonesia karena diangggap tidak hanya berfungsi untuk menghilangkan rasa kantuk, lelah, atau stress namun sebagai simbolik bagi sebagian kalangan penikmatnya pada kelompok sosial.

Kopi dikenal memiliki kandungan kafein yang tinggi dimana dalam satu cangkir kopi mengandung kafein 75-400 mg atau lebih tergantung dari jenis kopi dan pengolahannya. Kafein adalah zat yang dapat merangsang otot jantung, perangsang susunan saraf pusat, dieuritik, dan melemaskan otot-otot polos bronchus. Menurut penelitian Muller (2015), kafein dapat meredakan gejala-gejala yang berhubungan dengan stress seperti lupa, cemas, dan perasaan tertekan. Kafein mengandung zat alkaloid yaitu jenis xanthine yang dapat bertindak memblokir reseptor adenosine A2A. Saat tubuh mengalami stres maka tubuh memproduksi banyak adenosine yang akan menimbulkan gejala stres. Oleh karena itu, kopi dapat menjadi solusi dikala tubuh sedang mengalami stres.

Nah, itulah penjelasan mengapa kopi dapat menurunkan stres. Walaupun begitu, hindari konsumsi kopi dalam jumlah berlebihan ya.. tetap terapkan pola hidup sehat seperti mengonsumsi makanan bergizi dan melakukan aktivitas fisik setiap hari.

Sumber:
Liunima M, Sutriningsih A, Masluhiya SAF. 2017. Hubungan antara konsumsi kopi dengan tingkat stes pada dewasa muda Ikatan Keluarga Besar (IKB) Nekmese di Kota Malang. Nursing News. 2(3): 554 – 564.

Leave A Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *