Kabinet 4.0

PRESS RELEASE NUTRITION FAIR 2019: NIACIN

1572788216555
Puncak rangkaian acara Nutrition Fair 2019 adalah Seminar Gizi Nasional-Nutrition Seminar and Charity for Children (NIACIN). Sebagai acara puncak, NIACIN merupakan seminar nasional di bidang gizi yang disertai dengan penggalangan dana untuk anak sekolah dasar sehingga dapat menumbuhkan kesadaran akan pentingnya penerapan gizi serta tumbuh rasa simpati dan berbagi kepada sesama. Nutrition Seminar and Charity for Children (NIACIN) tahun ini diselenggarakan dengan tema “Obesity : A New Trend in Digital Era”, pada hari Sabtu, 12 Oktober 2019 di Grha Widya Wisuda, IPB Dramaga. Nutrition Seminar and Charity for Children (NIACIN) 2019 diikuti oleh sebanyak 1865 peserta dari berbagai kalangan, baik akademisi, praktisi dan masyarakat umum.
Acara dimulai dengan registrasi pada pukul 06.30 WIB. Pemutaran video rangkaian Nutrition Fair 2018, penampilan monolog, dan tari sambutan yang dibawakan oleh Organisasi Mahasiswa Daerah Ikatan Pelajar Mahasiswa Minang (IPMM) Bogor menjadi pembuka acara Nutrition Seminar and Charity for Children (NIACIN) 2019. Acara kemudian dilanjutkan dengan pembukaan oleh Master of Ceremony pada pukul 07.45 WIB, dan dilanjutkan dengan pembacaan doa yang dibawakan oleh Agung Eka Wijayanto. Laporan kegiatan Nutrition Fair 2019 disampaikan oleh Gabriela Vianka Kineta selaku Ketua Panitia Nutrition Fair 2019 dan dilanjutkan dengan sambutan dari Ketua Himpunan Mahasiswa Ilmu Gizi (HIMAGIZI) Ananda Salsabila Harlan Rubby. Kemudian pemberian sambutan oleh Dekan Fakultas Ekologi Manusia Institut Pertanian Bogor yaitu Prof. Dr. Ir. Ujang Sumarwan, M.Sc, dilanjutkan sambutan oleh Ketua Departemen Gizi Masyarakat Prof. Dr. Ir. Sri Anna Marliyati, MS, dan sambutan oleh Wakil Walikota Bogor yaitu Kepala Ketahanan Pangan Drs. Moch. Gozali. Pembukaan simbolis yang dipimpin oleh Dekan Fakultas Ekologi Manusia Institut Pertanian Bogor yaitu Prof. Dr. Ir. Ujang Sumarwan, M.Sc dengan memukul gong, sehingga acara Nutrition Seminar and Charity for Children (NIACIN) 2019 resmi dibuka.
Materi pertama disampaikan oleh Keynote Speaker, yaitu dr. Asik Surya, MPPM (Kasubdit PJPD, Ditjen P2P Kementrian Kesehatan Republik Indonesia) dengan tema yang dibawakan mengenai “Preventing Obesity: A Life Circle Perspective”. Seminar sesi pertama adalah penyampaian materi oleh Dr. Rimbawan yang merupakan Dosen Gizi Masyarakat Institut Pertanian Bogor dengan tema “Food Safety of Monosodium Glutamate”. Acara kemudian diselingi oleh penampilan dari Technohasperian Percussion selama 10 menit sebagai hiburan. Seminar dilanjutkan pada sesi talkshow dengan tema “Penanganan Gizi Ganda pada Dewasa Awal” yang dimoderatori oleh Asri Ismiyani Nurlita, S.Gz. Pembicara pada sesi talkshow ini yaitu Prof. Dr. Ir. Hardinsyah (Ketua Umum PERGIZI PANGAN Indonesia dan Presiden FANS/Federation of Asian Nutrition Society) dengan tema yang dibawakan yaitu “Choosing The Right Diet, Achieving Your Body Goal” dan Mury Kuswari, S.Pd, M.Si (Ketua Asosiasi Nutritisonis Olahraga dan Kebugaran Indonesia) dengan tema yang dibawakan yaitu “Maximising Technology in Digital Era to Lower the Prevalence of Obesity”.
Acara kemudian diselingi dengan pembagian doorprize kepada beberapa peserta yang beruntung dan dilanjutkan dengan seminar sesi kedua yang disampaikan oleh Dr. Sugeng Eko Irianto (National Professional Officer on Nutrition, World Health Organization Indonesia) dengan tema “Achieving Sustainable Development Goals Through Prevention Management of Noncommunicable Disease (NDC’s) Over The Life Course”. Istirahat dilakukan mulai pukul 11.53 WIB sekaligus diumumkan dan diberikan penganugerahan kepada pemenang dalam lomba CREATIN, CRISPY, dan NDC.
Acara dimulai kembali pukul 12.36 WIB dan dilanjutkan dengan seminar sesi ketiga yang disampaikan oleh Naomi Ernawati Lestari, M.Psi, Psi (Psikolog Klinis PT. Shape-Up Indonesia) dengan tema yang dibawakan “Relation About Mental Health and Obesity”. Kemudian penampilan dan penyerahan charity kepada anak-anak SDN Babakan 2 Dramaga Bogor yang merupakan sekolah binaan dari divisi Peduli Pangan dan Gizi HIMAGIZI IPB. Acara yang terakhir yaitu kampanye produk pangan sehat yang disampaikan oleh Christian Reinaldo. Pukul 13.55 WIB acara resmi ditutup oleh MC dan dilanjutkan dengan penampilan Guest Star oleh Ecoutez dengan salah satu lagunya yaitu Percayalah, Are You Really The One, dan Simpan Saja. Penampilan Ecoutez menjadi penutup acara Nutrition Seminar and Charity for Children (NIACIN) 2019 sekaligus keseluruhan rangkaian Nutrition Fair 2019. Selain itu, acara Nutrition Seminar and Charity for Children (NIACIN) tahun 2019 ini juga disponsori oleh Ajinomoto, Aqua, Dua Kelinci, Nutrifood, Wardah, Emina, Soyjoy, Fits mandiri, Indofood, EGC, dan belilepi, serta beberapa media partner yang terlibat yaitu Kulinologi, Food Review, lombalombacom, BEM KM, BEM FEMA, HIMASIERA, HIMAGIZI, HIMAIKO, ILMAGI, Event Mahasiswa 8, Seputar Event, Jaring Acara, Xchannel 878 FM, EraFM UNJ, PERGIZI PANGAN Indonesia, Media Event, Share Event, Linisehat, Trans TV, Acarakitanet, Rajanya Event, Koran Kampus IPB, Lokatara, Pikiran Rakyat, Humas IPB, dan Look Event Id.
See you in Nutrition Fair 2020!
1572788220810

1572788234248

1572788254097

1572788214447

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *