Kabinet 4.0

ANTIOKSIDAN BIKIN AWET MUDA?

1553339349475

Setiap orang menginginkan tubuh yang awet muda. Kunci utama awet muda sangat berkaitan dengan pola hidup yang sehat, baik dalam aktivitas fisik maupun konsumsi makanan. Penduduk Okinowa, Jepang, terkenal memiliki umur yang relatif panjang dan tingkat harapan hidup yang tinggi. Terapi kecantikan untuk awet muda dapat dilakukan dengan konsumsi bahan pangan alami yang memiliki manfaat terhadap awet muda. Salah satu rahasianya adalah mereka rajin mengonsumsi buah dan sayuran segar yang mengandung antioksidan yang tinggi (Waluyo et al. 2010). Antioksidan yang terkandung dalam makanna memliki banyak manfaat bagi kesehatan.

Zat antioksidan berperan dalam menangkal dan mengatasi aktivitas radikal bebas yang masuk ketubuh. Radikal bebas merupakan molekul berbahaya yang dapat menempel dan merusak sel tubuh yang sehat dan DNA tubuh. Radikan bebas dapat berasal dari makanan yang dikonsumsi, polusi lingkungan, serta kondisi stres. Antioksidan memiliki manfaat yang berkaitan dengan penurunan laju pennuaan serta melindungi tubuh dari penyakit kanker dan jantung. Hal ini karena antioksidan membantu tubuh membuang molekul radikal bebas yang menyerang merusak sel tubuh dan DNA (Wirakusumah 2007).

Antioksidan alami banyak didapatkan dari berbagai jenis dedaunan, teh, cocoa, rempah-rempah, biji-bijian, serealia, buah-buahan, dan sayuran. Buah dan sayuran memiliki kandungan vitamin (vitamin C dan E), senyawa bioaktif (polifenol, karoten, flavonoid, dll), serta pigmen warna yang berperan sebagai antioksidan. Isu awet muda saat ini berpengaruh besar dalam meningkatkan keinginan masyarakat untuk konsumsi bahan pangan yang sehat sehingga berdampak baik untuk kesehatan.

Daftar Pustaka

Waluyo S, Putra BM. 2010. The Book of Antiaging : Rahasia Awet Muda. Jakarta (ID) : PT Elex Media Komputindo.
Wirakusumah ES. 2007. Cantik dan Awet Muda dengan Buah, Sayur, dan Herbal. Jakarta (ID) Penebar Plus+.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *