Kabinet 4.0

Don’t Let Stress Handle You!

PESGIZ #2

Menjadi mahasiswa merupakan salah satu fase dalam kehidupan seseorang. Banyaknya tuntutan tugas, kegiatan akademik maupun non akademik, dan tekanan yang dialami mahasiswa jaman now, secara tidak sadar akan mempengaruhi fisik dan kesehatan mentalnya. Tidak heran mahasiswa jaman now mudah sekali mengalami stress. Stress telah menjadi bagian dari kehidupan akademik (Reddy et al. 2018).

Stress dipahami sebagai krisis gaya hidup (Masih dan Gulrez 2006) yang akan mempengaruhi setiap individu. Menurut data statistik yang dihasilkan oleh Biro Catatan Kejahatan Nasional, terdapat satu siswa setiap jam melakukan bunuh diri. Biro mencatat sebesar 1,8% siswa yang bunuh diri karena gagal dalam ujian dan terdapat peningkatan kejadian bunuh diri sebesar 80% selama jangka waktu satu tahun (Reddy et al. 2018).

Tanda-tanda jika mahasiswa mengalami stress yaitu gelisah, wajah tampak pucat, nafsu makan berkurang atau berlebih, sulit tidur dan tidak nyenyak, mudah tersinggung, sulit berkonsentrasi, sakit kepala, dan sakit perut (Kemenkes 2016). Kondisi stress yang berkepanjangan harus segera diatasi. Stress yang berkepanjangan dapat menurunkan fokus mahasiswa dalam mengikuti perkuliahan. Stress yang teratasi menjadikan jiwa yang sehat sehingga peforma mahasiswa menjadi baik.

Cara mengatasi stress yaitu curhat dengan seseorang yang dapat dipercaya, melakukan kegiatan sesuai minat dan bakat, tidur cukup, makan bergizi seimbang, melakukan olahraga atau aktifitas fisik, terapkan perilaku hidup bersih dan sehat, kembangkan hobi yang bermanfaat, meningkatkan ibadah, mendekatkan diri pada Tuhan, berpikir positif, dan relaksasi (Kemenkes 2016). Sayangi dirimu dengan kelola stress yang tepat.

Adopting the right attitude can convert a negative stress into a postive one. – Hans Selye

Daftar Pustaka
Kemenkes. 2016. Kelola Stress. [Diunduh 21 Januari 2019]. Tersedia pada: http://www.p2ptm.kemkes.go.id/cerdik/kelola-stres.
Masih PP, Gulrez NK. 2006. Age and gender differences on stress.Recent trends in human stress management.
Reddy KJ, Karishmarajanmenon MS, Anjanathattil. 2018. Academic stress and its sources among university students. Biomedical & Pharmacology Journal. 11(1): 531-537.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *