Kabinet 4.0

PRESS RELEASE INTEGRAL (INTEGRATED TRAININGTO BE A GREAT ORGANIZER AND LEADER)

20190214_155924
INTEGRAL (Integrated Training to be a Great Organizer and Leader) merupakan salah satu program kerja tahunan divisi Pengembangan Sumber Daya Mahasiswa (PSDM) HIMAGIZI. INTEGRAL adalah kegiatan latihan dasar kepimimpinan tahunan yang memiliki tema yang berbeda setiap tahunnya. Tema INTEGRAL tahun ini adalah “Aku Millenial Tangguh dan Berkomitmen”. Tema tersebut dipilih untuk meningkatkan kesadaran pengurus HIMAGIZI sebagai generasi millenial dalam menjalankan suatu organisasi demi mewujudkan tujuan dari latihan dasar kepemimpinan melalui pelatihan soft skill pada bidang kepemimpinan dan administrasi organisasi serta Focus Group Discussion (FGD).

INTEGRAL dilaksanakan pada hari Sabtu tanggal 9 Februari 2018 pukul 07.00-14.15 WIB di Auditorium GMSK dan sekitar Departemen Gizi Masyarakat. Peserta berjumlah 62 orang yang terdiri dari pengurus HIMAGIZI 2018/2019. Acara dimulai pada pukul 07.00 WIB yang dibuka oleh Denda dan Tyas selaku Master of Ceremony (MC). Acara dilanjutkan dengan pembacaan tilawah oleh Robby Akmal Firdaus, pemberian sambutan oleh Anzari Nurulia selaku ketua pelaksana, Ananda Salsabilla HR selaku ketua HIMAGIZI, dan dr. Naufal Muharam Nurdin, M.Si selaku Komisi Kemahasiswaan Departemen Gizi Masyarakat.

Acara dilanjutkan dengan sesi pembicara 1 oleh Saskia Piscesa S.Gz yang menyampaikan materi “Optimal dalam Melihat Value dan Menjalankan Organisasi di Tengah Padatnya Perkuliahan”. Hal ini ditujukan untuk menumbuhkan rasa kekeluargaan, meningkatkan potensi sebagai pengurus, serta menanamkan komitmen dalam berorganisasi. Materi kedua adalah “Meniti Jalan Meraih Himpunan Profesi Terbaik” yang bertujuan menumbuhkan rasa loyalitas dan komitmen terhadap organisasi terutama untuk kemajuan visi dan misi kepengurusan HIMAGIZI 2018/2019. Kegiatan dilanjutkan dengan sesi pembicara 2 oleh Arga Putra P yang menyampaikan materi tentang bagaimana menjadi himpunan profesi terbaik di IPB berdasarkan pengalaman beliau sebagai Ketua HIMALKOM (Himpunan Mahasiswa Ilmu Komputer) yang merupakan himpro terbaik IPB tahun 2018 serta mahasiswa berprestasi IPB tahun 2018. Setelah penyampaian materi, peserta diminta berdiskusi secara berkelompok dalam sesi Focus Group Discussion (FGD). Peserta diminta mendiskusikan berbagai permasalahan yang ada dalam himpunan profesi dan diminta untuk mempresentasikan serta menanggapi hasil diskusi dari setiap kelompok. Sesi focus group discussion (FGD) dipandu oleh Dimi Wahyu F selaku moderator kemudian diambil kesimpulannya oleh Arga Putra P.
20190214_155927
20190214_155930

Setelah ISHOMA, kegiatan dilanjutkan dengan sesi games, berupa berbagai macam permainan berkelompok yang terbagi dalam beberapa pos. Terdapat 5 pos dengan permainan berkelompok yang berbeda di setiap posnya. Kegiatan tersebut diadakan di sekitaran Departemen Gizi Masyarakat seperti auditorium GMSK, Student Lounge, GMSK-LH, dan parkiran GMSK. Permainan-permainan pada setiap posnya dimaksudkan agar setiap pengurus HIMAGIZI 2018/2019 dapat saling mengenal sehingga keakraban antar pengurus dapat terjalin.
20190214_155933

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *