Kabinet Milik Kita

PRESS RELEASE NIACIN

Puncak rangkaian acara Nutrition Fair 2018 adalah Nutrition Seminar and Charity for Children (NIACIN). Sebagai acara puncak, NIACIN merupakan seminar nasional di bidang gizi yang disertai dengan penggalangan dana untuk anak sekolah dasar sehingga dapat menumbuhkan kesadaran akan pentingnya penerapan gizi serta tumbuh rasa simpati dan berbagi kepada sesama. NIACIN terselenggara dengan tema “Healthy Lifestyle : A Strategy to Reduce Indonesian Double Burden of Nutrition”, pada hari Minggu, 7 Oktober 2018 di Grha Widya Wisuda, IPB Dramaga. NIACIN 2018 diikuti oleh sebanyak 2049 peserta dari berbagai kalangan, baik akademisi, praktisi dan masyarakat umum.

Acara dimulai dengan registrasi pada pukul 06.30 WIB. Pemutaran video rangkaian NF dan penampilan Tari Bali oleh 3 orang mahasiswi OMDA Bali IPB menjadi pembuka acara NIACIN pada pukul 07.55 WIB. Kemudian dilanjutkan dengan pembukaan oleh Master of Ceremony, yaitu Iqbal Aditya dan Mawar Wijayanti pada pukul 08.00 WIB. Acara selanjutnya adalah tilawah oleh Khoirul Fajri Islami, lalu laporan dan sambutan. Laporan kegiatan Nutrition Fair 2018 disampaikan oleh Ega Setiawan selaku Ketua Panitia Nutrition Fair 2018 dan dilanjutkan dengan sambutan dari Ketua HIMAGIZI, Dimi Wahyu Fitrianasari. Video profil FEMA IPB ditayangkan sebelum penyampaian sambutan oleh Dekan FEMA IPB yaitu Prof. Dr, Ir. Ujang Sumarwan, M.Sc, kemudian sambutan oleh Dr. Ir. Drajat Martianto selaku Wakil Rektor IPB bidang pendidikan dan kemahasiswaan IPB. Pembukaan simbolis yang dipimpin oleh Wakil Rektor dilakukan dengan memukul gong sebanyak 4 kali sehingga acara NIACIN resmi dibuka.

Materi pertama disampaikan oleh Keynote Speaker, yaitu Galopong Sianturi, SKM, MPH. Beliau adalah Kasubdit Peningkatan Mutu dan Kecukupan Gizi, Direktorat Gizi Masyarakat, Kementerian Kesehatan RI. Tema keynote speech yang beliau paparkan adalah “Strategi Efektif Pencegahan Gizi Ganda di Masyarakat”. Sesi kedua adalah penyampaian materi oleh Dr. Minarto, MPS yang merupakan Ketua Umum Persatuan Ahli Gizi Indonesia (Persagi) dengan tema “1000 HPK sebagai langkah awal pencegahan gizi ganda”.Kemudian dilanjutkan dengan sesi tanya jawab untuk materi kedua.

Acara kemudian diselingi oleh hiburan dari Guest Star selama 20 menit oleh komika terkenal di Indonesia. Ridwan Remin merupakan seorang komika yang mendapatkan juara pertama pada Stand Up Comedy Indonesia (SUCI) tahun 2017. Lalu, dilanjutkan dengan pembagian doorprize sebanyak 5 pemenang yang dipilih secara acak oleh MC melalui fishbowl berisi potongan tiket peserta.

Seminar dilanjutkan pada sesi ketiga dengan tema “Strategi Peningkatan Asupan Sayur untuk Gaya Hidup Sehat” yang disampaikan oleh Dr. Rimbawan. Pada sesi ini pula diberikan kuesioner dari Ajinomoto selaku sponsor kepada para peserta yang berasal dari perguruan tinggi di bidang kesehatan, seperti Poltekkes, Stikes dan Akbid, untuk diisi selama seminar sesi ketiga ini berlangsung. Acara kembali diselingi dengan penampilan hiburan dari vocal group mahasiswi Gizi Masyarakat IPB angkatan 53 yang membawakan 3 buah lagu.

Sesi ke empat merupakan talkshow dengan tema “Penanganan Gizi Ganda pada Dewasa Awal” yang dipandu oleh Nazhif Ghifari, S. Gz, M.Si selaku moderator. Terdapat dua pembicara pada sesi talkshow ini yaitu Prof. Ir. Hardinsyah, Ketua umum PERGIZI Pangan Indonesia dan Mury Kuswari, S.Pd, M.Si, Ketua Umum Asosiasi Nutrisionis Olahraga dan Kebugaran Indonesia. Topik yang disampaikan adalah “Cara Holistik mencegah Masalah Gizi Ganda” oleh Prof. Ir. Hardinsyah, dan “Bergerak Aktif menuju Indonesia yang lebih sehat dan bebas gizi ganda” oleh Mury Kuswari, S.Pd, M.Si.

Acara dilanjutkan dengan istirahat sejenak selama satu jam yang dimulai pukul 12.15 WIB dan dibuka kembali oleh MC pada 13.15 WIB. Penampilan anak – anak dari sekolah dasar yang akan diberikan charity mengawali acara pada sesi setelah istirahat. Sebanyak 4 orang siswi SD Carangpulang sebagai sekolah binaan dari divisi Peduli Pangan dan Gizi HIMAGIZI IPB menampilkan tarian sirih kuning yang berasal dari betawi. Kemudian dilanjutkan dengan pemberian secara simbolis charity yang terkumpul, yaitu sebanyak 4 juta rupiah kepada guru dan siswi sekolah dasar tersebut. Acara berikutnya adalah pengumuman pemenang – pemenang dari rangkaian acara Nutrition Fair 2018, yaitu mulai dari CRISPY, NDC, Nut App, dan Creatin. Pemberian sertifikat dan hadiah diberikan oleh Ega Setiawan dan Dimi Wahyu Fitrianasari. Doorprize kembali dibagikan kepada para peserta yang beruntung, pada sesi ini terpilih 5 orang yang beruntung untuk mendapatkan hadiah dari sponsor.

Pukul 13.45 WIB acara ditutup oleh MC dan dilanjutkan dengan penampilan dari guest star kedua, yaitu The Overtunes. Mikha Angelo, Reuben Nathaniel dan Mada Emmanuelle sebagai personel sukses menutup acara NIACIN 2018 dengan membawakan 9 lagu yaitu Yours Forever, Cinta Adalah, Bicara, Written in the Stars, Tak Ku Takut, I Still Love You, Time Will Tell, Memory Lane, dan Sayap Pelindungmu. Acara berakhir pada pukul 14.38 WIB. Penampilan The Overtunes menjadi penutup keseluruhan rangkaian acara NIACIN sekaligus Nutrition Fair 2018.

See you in Nutrition Fair 2019!

Registrasi peserta NIACIN – Nutrition Fair 2018

Registrasi peserta NIACIN – Nutrition Fair 2018

NIA 2

Pembukaan oleh Wakil Rektor Bidang Pendidikan dan Kemahasiswaan IPB

Pembukaan oleh Wakil Rektor Bidang Pendidikan dan Kemahasiswaan IPB

Penyampaian materi Keynote Speech dari Galopong Sianturi, SKM, MPH

Penyampaian materi Keynote Speech dari Galopong Sianturi, SKM, MPH

Materi kedua oleh Dr. Minarto, MPS

Materi kedua oleh Dr. Minarto, MPS

Hiburan Stand Up Comedy  dari Ridwan Remin

Hiburan Stand Up Comedy dari Ridwan Remin

Materi ketiga oleh Dr. Rimbawan

Materi ketiga oleh Dr. Rimbawan

Sesi Talkshow dengan Prof. Ir. Hardinsyah, MS dan Mury Kuswari, S. Pd, M. Si sebagai pembicara, serta Nahif Ghifari sebagai moderator

Sesi Talkshow dengan Prof. Ir. Hardinsyah, MS dan Mury Kuswari, S. Pd, M. Si sebagai pembicara, serta Nahif Ghifari sebagai moderator

Penyerahan charity  pada SD Carangpulang 2

Penyerahan charity pada SD Carangpulang 2

Penyerahan sertifikat dan hadiah pada pemenang lomba

Penyerahan sertifikat dan hadiah pada pemenang lomba

Penampilan The Overtunes

Penampilan The Overtunes

Foto bersama dan suasana NIACIN 2018

Foto bersama dan suasana NIACIN 2018

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *