Kabinet Milik Kita

PRESS RELEASE NDC

Nutrition Debating Competition (NDC) adalah kompetisi debat yang ditujukan bagi siswa-siswi SMA/SMK sederajat se-Indonesia. Nutrition Debating Competition merupakan salah satu acara baru pada rangkaian Nutrition Fair 2018. NDC tahun 2018 mengangkat tema “Speak up your mind to reduce double burden”. Pengambilan tema tersebut dilatarbelakangi oleh masih banyaknya permasalahan gizi ganda terutama di Indonesia. NDC sebagai rangkaian acara ketiga dari Nutrition Fair 2018, telah dilaksanakan dalam dua hari yaitu pada hari Sabtu dan Minggu, 29-30 September 2018 di Auditorium GMSK Departemen Gizi Masyarakat IPB.

Nutrition Debating Competition (NDC) diikuti oleh 48 siswa-siswi SMA/SMK sederajat yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia, dimana setiap tim nya terdiri dari 3 orang peserta. Kegiatan NDC dimulai pada hari sabtu, 29 September 2018 dan diawali dengan registrasi peserta yang dimulai pada pukul 07.15 WIB. Acara selanjutnya dibuka oleh Anzari Nurulia selaku Master of Ceremony (MC) pada pukul 07.45 WIB dan dilanjutkan dengan laporan yang diberikan oleh Ega Setiawan selaku Ketua Pelaksana Nutrition Fair 2018. Sambutan diberikan oleh Dimi Wahyu Fitrianasari selaku Ketua Himpunan Mahasiswa Gizi Masyarakat (HIMAGIZI) dan dilanjutkan oleh Muhammad Aries, S.P, M.Si selaku Komisi Kemahasiswaan Departemen Gizi Masyarakat IPB.

Pelaksanaan Technical Meeting dilakukan sebelum babak penyisihan pertama dimulai dan dipimpin langsung oleh M. Fadhil Rheza selaku sebagai Adju Core. Babak penyisihan pertama terdiri dari pre-eliminasi 1, pre-eliminasi 2, dan pre-eliminasi 3. Kegiatan NDC dilanjutkan dengan pembagian ruangan dan preferensi mosi, serta pembagian tim dimana sebanyak 8 tim menjadi tim pemerintah dan 8 tim lainnya menjadi tim oposisi. Setelah babak penyisihan pertama selesai, acara selanjutnya yaitu pengumuman perolehan poin dan peserta yang lolos ke babak kuarter. Sebanyak 8 tim masuk ke babak kuarter dan diakhiri dengan 4 tim yang masuk ke babak semifinal yaitu SMAN 2 Semarang A, SMAN 2 Jakarta A, SMAN 2 Jakarta B, dan SMAN 78 Jakarta. Kegiatan NDC pada hari pertama diakhiri pada pukul 17.55 WIB dan dilanjutkan pada esok harinya.

Acara Nutrition Debating Competition (NDC) pada hari kedua diawali dengan registrasi peserta yang mulai pada pukul 07.30 WIB, dan dibuka langsung oleh Rinta Agustina Dwi Putri selaku Master of Ceremony (MC) pada hari kedua. Kegiatan NDC dilanjutkan dengan penjelasan mengenai peraturan pada babak semifinal oleh Adju Core yaitu M. Fadhil Rheza dan pembagian tim serta pemilihan preferensi mosi. Juri pada babak semifinal terdiri dari 6 orang dewan juri, yaitu Laras Salsabila, Albertus Rheza, Ryoko Yogaswara, Chiara Nadya T, Jefry Yoanda, dan M. Fadhil Rheza. Peserta yang lanjut ke babak final yaitu SMAN 2 Jakarta A dan SMAN 78 Jakarta, dimana pada babak final SMAN 2 Jakarta A sebagai tim oposisi dan SMAN 78 Jakarta sebagai tim pemerintah.

Acara selanjutnya yaitu hiburan oleh Muhammad Faisal Arifin dan Ridho Orilda Lestaluhu yang membawakan stand up comedy. Acara NDC kemudian diakhiri oleh MC dengan pengumuman pemenang Nutrition Debating Competition (NDC). Juara satu dimenangkan oleh SMAN 2 Jakarta A yang terdiri dari Sharon Cecilya, Valecia Gustin, dan Ivonne Aprillia Tanril, serta pemenang juara kedua yaitu SMAN 78 Jakarta yang terdiri dari M. Ravi Ramadhan, Amelia Oryzae Norhasni, dan M. Zulfi Rahadi Putra. Juara ketiga diambil berdasarkan perhitungan skor pada babak semifinal, dan dimenangkan oleh SMAN 2 Jakarta B. Acara NDC resmi berakhir pada pukul 12.45 WIB dan dilanjutkan dengan sesi foto bersama. Nutrition Debating Competition (NDC) disoponsori oleh Ajinomoto, Kuaci Rebo, dan Yummy Food, terdapat juga beberapa media yang bekerja sama dengan acara Nutrition Debating Competition yaitu Agri FM, Info Lomba, Food Review, Kulinologi, Media Event, Campuspedia, dan Ruang Event.

Para peserta Nutrition Debating Competition

Para peserta Nutrition Debating Competition

Suasana perlombaan

Suasana perlombaan

Sesi foto bersama para pemenang bersama Adju dan Ketua Pelaksana

Sesi foto bersama para pemenang bersama Adju dan Ketua Pelaksana

Juara pertama Nutrition Debating Competition SMAN 2 Jakarta A

Juara pertama Nutrition Debating Competition SMAN 2 Jakarta A

Juara kedua Nutrition Debating Competition SMAN 78 Jakarta

Juara kedua Nutrition Debating Competition SMAN 78 Jakarta

Juara ketiga Nutrition Debating Competition SMAN 2 Jakarta B

Juara ketiga Nutrition Debating Competition SMAN 2 Jakarta B

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *