Kabinet Milik Kita

Berbahayakah Makan Sambil Tiduran?

Setelah melakukan berbagai kesibukan di siang hari, kita tentu akan sangat menikmati waktu untuk bersantai di dalam rumah. Banyak dari kita yang suka bersantai dengan cara tiduran di sofa sambil menonton televisi. Sayangnya, waktu bersantai ini juga kerap kita selingi dengan berbagai camilan. Makan sambil tiduran ternyata sudah lebih dulu dilakukan oleh kaum bangsawan Romawi Kuno sebagai tanda kekuasaan dan kemewahan. Mereka makan sambil berbaring saat pesta pora atau simposium politik, sementara dayang-dayang cantik melayani mereka. Kira-kira, para bangsawan ini tahu tidak ya, kalau makan sambil tiduran itu berbahaya untuk kesehatan? Tapi tahukah kamu kalau kebiasaan makan sambil tiduran ini ternyata berbahaya loh!

Buat kamu yang suka makan dengan posisi tidur perlu tahu bahaya ini :

Asam lambung naik dan menyebabkan refluks
Makan dalam posisi tiduran dapat mempengaruhi kondisi asam lambung di dalam tubuh. Makan dalam posisi tidur atau segera tidur sehabis makan ternyata dapat menyebabkan terjadinya refluks asam lambung dimana asam lambung naik menuju kerongkongan. Selain itu, makan sambil tiduran juga bisa menyebabkan iritasi pada bagian esofagus akibat pH lambung yang meningkat. Gejala lainnya bisa berupa muntah karena lambung terlalu asam.

Makan dalam posisi tidur sebabkan tersedak
Selain itu, makan sambil tiduran juga bisa menyebabkan tersedak atau malah masuk ke dalam saluran napas dan bahkan menimbulkan kematian. “Makanan yang seharusnya masuk ke kerongkongan dan ke lambung, ini justru masuk ke paru-paru,” kata dr Ari Fahrial Syam, SpPD dari RS Cipto Mangunkusumo. Bagaimana tersedak bisa terjadi? Kondisi tersedak saat makan bisa terjadi karena tenggorokan memiliki dua saluran yaitu saluran pernapasan dan saluran untuk makan. Kedua saluran ini hanya dipisahkan oleh sebuah katup bernama epiglotis. Jadi, saat menelan, saluran napas akan tertutup oleh katup epiglotis sehingga makanan atau minuman yang masuk langsung menuju saluran makan. Ketika tersedak, makanan yang seharusnya masuk ke saluran makan justru masuk ke saluran pernapasan.

Kalori dalam tubuh meningkat
Selain kondisi membahayakan di atas, makan sambil tiduran juga bisa menyebabkan kalori dalam tubuh meningkat. Hal ini terjadi saat kita makan sembari menonton televisi. Karena keasyikan menonton kita menjadi lepas kontrol dengan jumlah makanan yang masuk ke dalam mulut. Jadi, buat kamu yang pengen langsing kebiasaan makan ini sepatutnya dihindari.

Nah, bagi kalian yang masih suka dengan kebiasaan ini perlu hati-hati ya. Jangan sampai mengabaikan kesehatan hanya demi kenyamanan atau bahkan kemalasan kalian makan dalam posisi duduk.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *