Kabinet Milik Kita

PRESS RELEASE Crafting Special Recipe (CRISPY) Competition

Crafting Special Recipe (CRISPY) Competition merupakan lomba cipta menu dan masak dengan menggunakan bahan pangan lokal. CRISPY tahun 2018 mengangkat tema “Kreasi olahan cemilan sehat untuk keluarga : one bite size” dan menggunakan buah sukun sebagai bahan dasar utama. CRISPY merupakan rangkaian acara pertama dari Nutrition Fair 2018 yang telah dilaksanakan pada hari Minggu, 9 September 2018 di Pelataran PLASMA, Fakultas Ekologi Manusia (FEMA), IPB Dramaga. Crispy tahun ini diikuti oleh 24 tim peserta dari masyarakat umum dan berbagai instansi, diantaranya adalah Stikes Mitra Keluarga, UPN Jakarta, Poltekkes Jakarta II, UHAMKA, Bhi, Poltekkes Kemenkes Bandung, Universitas Negeri Jakarta, STP Bogor, Akpar Pertiwi, Universitas Djuanda, Universitas Ibnu Khaldun, Bina Sarana Informatika, Sekolah Vokasi IPB, dan IPB.

Kegiatan CRISPY dimulai dari pendaftaran tim yang berlangsung pada 30 Juli 2018 hingga 1 September 2018, kemudian diperpanjang hingga 7 September 2018. Kegiatan selanjutnya adalah Technical meeting yang dilaksanakan pada hari Sabtu, 8 September 2018 yang bertempat di RK GMSK-LH, Departemen Gizi Masyarakat, FEMA, IPB .
Acara perlombaan CRISPY dibuka oleh Qhialdy Syira D dan Citra Rizki L selaku Master of Ceremony (MC) pada pukul 07.50, kemudian tilawah oleh Ichsan dan dilanjutkan dengan laporan kegiatan yang disampaikan oleh Ega setiawan selaku ketua panitia Nutrition Fair 2018. Sambutan diberikan oleh Muhammad Aries, SP, M.Si selaku Komisi Kemahasiswaan dan perwakilan dari Ketua Departemen Gizi Masyarakat, serta Prof. Ir. Ahmad Sulaeman, MS, PhD sebagai perwakilan dari Dekan Fakultas Ekologi Manusia. Lomba masak dibagi menjadi 2 termin yaitu termin 1 pada pukul 08.30 WIB hingga 09.30 WIB, dan termin 2 pada 10.25 WIB hingga 11.25 WIB. Setelah waktu masak selesai, penjurian dilakukan dengan terlebih dahulu setiap tim megirimkan perwakilannya untuk mempresentasikan hasil menu olahannya di hadapan dewan juri. Dewan juri CRISPY tahun 2018 berjumlah 3 orang yaitu Prof. Dr. drh. Clara Meliyanti Kusharto, M.Sc., dr. Karina Rahmadia Ekawidyani, M.Gizi., dan Babang Yusuf.

Setelah diberikan waktu untuk istirahat, sholat dan makan, acara dilanjutkan dengan food tasting hasil kreasi masak kepada masyarakat umum. Acara selanjutnya adalah hiburan oleh Adnin Ghita R yang menyanyikan 2 lagu. Pengumuman pemenang disampaikan oleh MC di akhir acara. Terdapat 3 pemenang yaitu tim Gizi UPN Jakarta dengan menu masakan SUMMER (Sukun Mayonnaise Roll) sebagai juara 1. Juara 2 diraih oleh tim STP Bogor 2 dengan menu Onde Sukun cream cheese, dan juara 3 diraih oleh tim Michelin dengan menu Breadfruit dimsum. Acara kemudian ditutup oleh MC pada pukul 13.30 WIB dan diakhiri dengan foto bersama. CRISPY 2018 disponsori oleh Ajinomoto, Yummy, Kuaci Rebo dan Wardah. Selain itu, acara ini juga bekerja sama dengan beberapa media yaitu Agri FM, Share Event, Informasi Lomba, Kulinologi dan Food Review.

1
Suasana Technical Meeting CRISPY
2
Ketua Panitia, Dewan Juri dan Tamu Undangan
3
Menu SUMMER (Sukun Mayonnaise Roll)
4
Menu Onde Sukun cream cheese
5
Menu Breadfruit dimsum
6
Juara 1, 2 dan 3 Crispy Competition

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *