Kabinet Milik Kita

Diet Sehat Jangan Asal Cepat

1534904899247

Setiap orang tentunya mendambakan bentuk tubuh dan berat badan yang ideal. Bagi sebagian orang yang memiliki berat badan yang tidak normal atau tidak ideal, biasanya mereka akan melakukan diet. Diet merupakan tindakan paling penting dalam program penurunan berat badan (Sumanto 2009). Banyak diantara masyarakat memilih cara diet yang tidak sehat dengan mengonsumsi obat diet berbahan zat kimia karna dapat menurunkan berat badan dengan cepat tanpa diiringi pengaturan pola hidup sehat. Hal ini tentunya dapat menimbulkan efek samping yang dapat membahayakan kesehatan. Lalu bagaimana diet yang tepat untuk menurunkan berat badan secara efektif tanpa menimbulkan gangguan kesehatan?

Banyak cara yang dapat dilakukan untuk menurunkan berat badan dengan aman. Salah satunya seperti yang dinyatakan oleh Sumanto (2009) dalam bukunya Tetap langsing dan sehat dengan terapi diet, cara paling aman untuk menanggulangi kegemukan adalah dengan mengombinasikan diet rendah kalori dengan menu seimbang dan olahraga yang sesuai. Diet rendah kalori ini dilakukan dengan membatasi konsumsi karbohidrat dan lemak. Berbagai penelitian membuktikan bahwa olahraga dapat mengimbangi penurunan metabolisme yang terjadi pada seseorang yang melakukan diet karena olahraga meningkatkan kecepatan metabolisme saat istirahat.

Diet khusus untuk menurunkan berat badan yang banyak berkembang saat ini cenderung mengabaikan zat gizi tertentu dan memprioritaskan makanan atau zat gizi. Jenis diet “rendah gizi energi seimbang” juga dapat menjadi salah satu pilihan program diet sehat yang tepat. Prinsip dasar diet ini adalah pembatasan energi dengan mengurangi asupan sumber energi dari lemak dan karbohidrat. Selain itu juga dianjurkan peningkatan pengeluaran energi melalui aktivitas fisik. Diet rendah gizi energi seimbang memberikan banyak pilihan makanan yang dapat dikonsumsi sehingga tercapai pemenuhan kebutuhan zat gizi dan pemenuhan berat badan secara bertahap (Ramayulis 2008).

Pada intinya, penurunan berat badan drastis secara cepat dan tidak menyehatkan menyebabkan beberapa risiko gangguan kesehatan dan cenderung tidak bertahan lama. Diet yang sehat dapat dilakukan dengan mengelola pola makan, termasuk memilih jenis makanan yang sebaiknya dikonsumsi. Selain itu kegiatan latihan fisik perlu dilakukan untuk peningkatan pengeluaran energi.

Daftar Pustaka
Sumanto A. 2009. Tetap Langsing dan Sehat dengan Terapi Diet. Jakarta(ID) : PT Agro Media Pustaka.
Ramayulis R, Lesmana LC. 2008. 17 Alternatif Untuk Langsing. Jakarta (ID) : Penebar Swadaya.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *