Kabinet Milik Kita

BENARKAH ANGGUR DAPAT MENINGKATKAN DAYA INGAT?

pesgiz
Siapa yang tak kenal anggur? Buah satu ini dikenal memiliki harga jual yang cukup tinggi mengingat asalnya yang bukan dari Indonesia. Meskipun begitu, saat ini tanaman anggur sudah banyak dibudi daya di Indonesia karena permintaan masyarakat yang cukup tinggi. Buah anggur memiliki bentuk bulat kecil berwarna kuning, hijau, maupun ungu dengan perpaduan rasa asam dan manis. Buah anggur dapat dikonsumsi langsung maupun dalam bentuk olahan seperti dalam bentuk kering (kismis), jus, selai, salad, maupun dalam bentuk fermentasi. Walaupun banyak digemari, namun pernahkah anda mendengar bahwa anggur dapat meningkatkan daya ingat?

Para ilmuan percaya bahwa anggur memiliki manfaat dalam mencegah kerusakan fungsi memori pada otak serta mengatasi gejala awal penurunan fungsi memori pada penderita penyakit Alzheimer. Sebuah penelitian di University of California menunjukan bahwa pada responden yang mengonsumsi sekitar 72 gram anggur dalam sehari selama enam bulan mengalami peningkatan aktivitas metabolisme pada bagian otak yang berkaitan dengan fungsi memori. Menurut Dr Daniel Silverman yang bertanggung jawab atas penelitian tersebut, kondisi tersebut berlaku baik pada anggur hitam maupun anggur putih. Sebuah studi yang dilakukan pada tahun 2012 oleh para peneliti di Inggris terhadap sejumlah orang dewasa yang menunjukan gejala awal penurunan fungsi memori. Hasilnya, mereka yang mengosumsi dua cup jus anggur setiap hari selama empat bulan mengalami peningkatan aktivitas otak dalam mengingat (Robinson 2013)

Buah anggur diketahui memiliki kandungan antioksidan yang cukup tinggi, terutama pada kandungan flavonoid. Penelitian lain menujukan, konsumsi pangan sumber antioksidan flavonoid memiliki banyak manfaat, terutama dalam mencegah gangguan pada fungsi syaraf yang berhubungan dengan kemampuan kognitif dan daya ingat pada orang dewasa (Krikorian et al. 2009). Seiring bertambahnya usia, umumnya terjadi penurunan fungsi otak terutama pada kemampuan mengingat. Hal inilah yang menyebabkan timbulnya penyakit pada sistem syaraf otak seperti demensia dan Alzheimer. Konsumsi makanan yang mengandung flavonoid seperti anggur dapat menurunkan resiko penyakit yang berhubungan dengan penurunan daya ingat tersebut (Krikorian et al. 2009) Selain itu, kandungan fitokimia pada anggur yang juga dipercaya berperan dalam meningkatkan daya ingat yaitu procyanidolic oligomers. Zat ini dapat mencegah kerusakan syaraf serta meningkatkan kadar antioksidan dalam darah (Lau 2009)

Sudah banyak penelitian yang menujukan bahwa buah anggur memiliki beragam kandugan yang berperan dalam meningkatkan daya ingat serta dapat mencegah munculnya penyakit yang berhubungan dengan penurunan daya ingat. Kandungan tersebut antara lain antioksidan seperti flavonoid, serta kandungan fitokimia procyanidolic oligomers. Oleh karena itu, buah anggur dapat dijadikan sebagai sumber antioksidan harian dalam mendukung aktivitas memori anda.

Daftar Pustaka
Robinson J. 2013. Eating on the Wild Side, The Missing Link to Optimum Health. New York (US): Little, Brown and Company
Lau E. 2009. Healthy Express, Super Sehat dalam 2 Minggu. Jakarta (ID): Gramedia Pustaka Utama
Krikorian R, Nash TA, Shidler MD, Shukitt-Hale B, Joseph JA. 2009. Concord grape juice supplementation improves memory function in older adults with mild cognitive impairment. British Journal of Nutrition. (103) : 730-734

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *