Kabinet Milik Kita

PRESS RELEASE PELATIHAN DESAIN 2018

Pada hari Sabtu (12/5) dan Minggu (13/5), divisi Informasi dan Komunikasi Himagizi (Infokom) Kabinet Milik Kita menggelar Pelatihan Desain 2018. Tema Pelatihan Desain tahun ini adalah “Graphic Design For Effective Nutrition Media Promoting”. Peserta pelatihan desain terdiri dari mahasiswa Gizi Masyarakat angkatan 52, 53 dan alih jenis.

Rangkaian hari pertama pelatihan desain dilaksanakan pada hari Sabtu, 12 Mei 2018 di GMSK Lecture Hall Departemen Gizi Masyarakat. Acara dimulai pukul 08.30 WIB yang diawali dengan pembukaan oleh Resti Anggraeni dan Winda Puspita sebagai Master Of Ceremony (MC), dilanjutkan dengan tilawah oleh Ichsan Muhammad. Susunan acara selanjutnya terdiri dari laporan ketua pelaksana oleh Nadya Syafitri, sambutan dari Dimi Wahyu Fitrianasari selaku ketua Himagizi, sambutan dari Muhammad Aries Sulaeman SP, M.Si selaku perwakilan Komisi Kemahasiswaan Departemen Masyarakat, penyampaian materi oleh Prasetyo Pambudi mahasiswa Ilmu Komputer 52, praktik pembuatan poster, dan penutupan.

Materi yang disampaikan oleh pembicara antara lain mengenai pentingnya mempelajari desain grafis, unsur penting dalam pembuatan poster seperti warna, jarak penulisan dan font. Peserta Pelatihan Desain juga diberikan aplikasi Corel draw X7 oleh panitia beserta handout untuk membantu memahami aplikasi Corel Draw dengan baik. Setelah seluruh peserta telah mendapatkan aplikasi Corel draw, pembicara menyampaikan sekaligus mempraktikan tools dalam aplikasi Corel Draw yang harus diketahui untuk membuat desain grafis yang menarik namun tetap informatif. Peserta selanjutnya diajarkan langsung untuk membuat poster selama kurang lebih dua jam. Usai praktk pembuatan poster, acara ditutup oleh MC pada pukul 11.30 WIB.

Rangkaian hari kedua Pelatihan Desain dilaksanakan pada hari Minggu, 13 mei 2018 di GMSK LH Departemen Gizi Masyarakat. Acara dimulai pukul 09.15 WIB diawali dengan pembukaan oleh MC, dilanjutkan dengan tilawah oleh Ichsan Muhammad. Kemudian pembicara melakukan pemaparan materi oleh berupa review materi sebelumnya, prinsip getstalt dan teori golden ratio dari sebuah poster. Kemudian, dilanjutkan dengan praktik pembuatan poster. Praktik yang dilakukan adalah melanjutkan desain poster yang telah dilakukan di rangkaian hari pertama, yaitu menambah warna dan komponen hiasan pada poster agar tampilannya lebih menarik. Praktik pembuatan poster berakhir pada jam 11.45 WIB dan dilanjutkan dengan hiburan oleh Adnin Ghita. Setelah hiburan, beberapa peserta dipandu oleh MC menyampaikan kesan pesan atas kegiatan Pelatihan Desain. Peserta yang tersebut menyampaikan bahwa mereka senang atas diadakannya kegiatan Pelatihan Desain seperti ini karena sangat bermanfaat, menambah pengetahuan, melatih softskill dan menambah hobi baru di bidang desain grafis. Selanjutnya pembicara memilih dua karya poster terbaik dari peserta, yaitu poster milik Arinie dan Rifa. Sebelum acara ditutup, dilakukan penyerahan sertifikat kepada pembicara serta diadakan foto bersama dengan pembicara dan peserta pelatihan desain. Acara selesai pada pukul 12.00 WIB dan ditutup oleh MC.

1526562130249

1526562081481

1526562101746

1526562113393

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *