Kabinet Milik Kita

Press Release Seminar Keprofesian dan Nutritionist Talk 2018

PR semprof
Sebagai permulaan dalam kepengurusan HIMAGIZI tahun 2017-2018, Divisi Keprofesian menyelenggarakan program kerja tahunan yaitu Seminar Keprofesian dan Nutritionist Talk. Kegiatan tersebut merupakan program yang disusun sebagai sarana pengembangan kualitas dan kompetensi terkait dengan keprofesian calon ahli gizi. Sasaran dari kegiatan tersebut yaitu mahasiswa Gizi Masyarakat IPB pada khususnya dan mahasiswa non-IPB pada umumnya. Seminar Keprofesian dan Nutritionist Talk diselenggarakan pada hari Minggu, 18 Maret 2018 bertempat di ruang auditorium GMSK, FEMA, IPB. Acara yang berlangsung sejak pukul 08.23 WIB hingga pukul 13.50 WIB tersebut dihadiri oleh 138 peserta, 4 pembicara, dan dosen gizi masyarakat.
Tahun ini, Seminar Keprofesian dan Nutritionist Talk mengusung tema besar “Think Nutritionally and Act Professionally”. Dengan tema tersebut diharapkan nantinya para calon ahli gizi lebih mampu memahami kompetensi diri yang harus dimiliki dan dikembangkan sedini mungkin serta dapat melaksanakan tugas sebagai tenaga kesehatan di bidang gizi secara profesional. Tema besar tersebut memiliki empat subtema yaitu : 1) Your Challenge As a Nutritionist, 2) Getting Closer to Registered Dietitian, 3) Show your Competence to Fight Obesity, dan 4) Interview: Brand Your Competence. Masing-masing subtema disampaikan oleh pembicara yang kompeten di bidang tersebut.

Kegiatan dimulai pukul 08.30 WIB yang diawali dengan sambutan dari Ketua HIMAGIZI tahun 2017-2018 dan Ketua Departemen Gizi Masyarakat, FEMA, IPB. Selanjutnya, materi pertama dibawakan oleh Dr. Ir. Budi Setiawan, MS dengan subtema “Your Challenge As a Nutritionist”. Materi yang disampaikan adalah penjelasan seputar peran, kewenangan, tantangan, dan prospek kerja ahli gizi di masa yang akan datang. Setelah itu, dilanjutkan dengan materi kedua oleh Prof. Dr. Evy Damayanthi, MS yang membawakan subtema “Getting Closer to Registered Dietitian”. Subtema tersebut membahas tentang seluk beluk Registered Dietitian, mulai dari perbedaan peran Registered Dietitian dengan nutrisionis hingga hal-hal apa saja yang perlu dipersiapkan untuk dapat menempuh pendidikan Registered Dietitian. Materi yang ketiga membahas subtema Show your Competence to Fight Obesity oleh Mury Kuswari, S.Pd, M.Si yang menjelaskan tentang bagaimana cara menghadapi masalah obesitas sebagai seorang ahli gizi yang kompeten di bidang tersebut. Materi ini menandakan telah berakhirnya sesi pertama Seminar Keprofesian dan Nutritionist Talk 2018 dan dilanjutkan dengan ishoma selama satu jam.

Sesi kedua dilanjutkan setelah ISHOMA, dengan materi keempat yang dibawakan oleh Daniel Furqon, S.Gz membahas subtema “Interview: Brand Your Competence”. Pembicara menjelaskan tentang bagaimana etika dan tips-tips mengikuti wawancara agar dapat diterima di pekerjaan yang diinginkan. Setelah diakhiri dengan penyerahan kenang-kenangan kepada pembicara terakhir, MC undur diri dan kegiatan Seminar Keprofesian dan Nutritionist Talk 2018 telah resmi selesai. Dengan berakhirnya kegiatan tersebut, diharapkan peserta yang hadir dapat membuka wawasan, mengembangkan pengetahuan dan kompetensi, serta mempersiapkan diri untuk menghadapi tantangan seorang ahli gizi di masa mendatang.

Pemberian apresiasi kepada pembicara yaitu Prof. Dr Evy Damayanthi, MS

Pemberian apresiasi kepada pembicara yaitu Prof. Dr Evy Damayanthi, MS

Pemaparan materi oleh pembicara yaitu Mury Kuswari, S.Pd, M.Si

Pemaparan materi oleh pembicara yaitu Mury Kuswari, S.Pd, M.Si

Sesi tanya jawab dengan peserta

Sesi tanya jawab dengan peserta

Sesi games

Sesi games

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *