Kabinet Milik Kita

PRESS RELEASE NUTRI ACTION TRAINING

IMG-20180318-WA0004
Salah satu program kerja dari divisi Peduli Pangan dan Gizi (PPG) HIMAGIZI, yaitu Nutri Action(NA), kembali dilaksanakan pada tahun ini. Kegiatan kali ini berbeda dengan kegiatan sebelumnya karena pada tahun ini Nutri Action mengusung kegiatan bina desa, yaitu di desa Carangpulang.Peserta kegiatan ini merupakan volunteer dari mahasiswa Gizi Masyarakat angkatan 53 dan 54. Seperti pada tahun-tahun sebelumnya, pelatihan juga dilakukan untuk bekal ilmu para volunteer sebelum turun langsung ke masyarakat.Pelatihan ini, Nutri Action Training, dilaksanakan dua kali yaitu pada tanggal 25 Februari 2018 dan 11 Maret 2018 di Auditorium GMSK, Fakultas Ekologi Manusia, Institut Pertanian Bogor. Peserta yang hadir merupakan anggota Nutri Action2018.

Kegiatan dimulai pukul 08.00-12.00 WIB. Pelatihan pertama ini dihadiri oleh Komisi Mahasiswa (Komsis) Departemen Gizi Masyarakat IPB yaitu Bapak Muhammad Aries S.P M.Si, Ketua Himpunan Mahasiswa Ilmu Gizi yaitu Dimi Wahyu Fitrianasari, dan pemateri yaitu Khoirul Anwar S.Gz danMahdyatur Rahmah. Kegiatan dimulai dengan tilawah,laporan kegiatan oleh ketua pelaksana Nutri Action 2018 yaitu Muhammad Guntur, pembukaan oleh Komsis dan ketua HIMAGIZI. Materi yang disampaikan pada pelatihan pertama ini adalah Dasar-Dasar Penyuluhan yang disampaikan oleh Mahdiayatur Rahmah dan materi Pedoman Gizi Seimbang oleh Khoirul Anwar S.Gz. Kegiatan ini juga diselingi dengan ice breakingberupa pengenalan media neserta lagu yang biasa digunakan saat penyuluhan. Kegiatan ditutup dengan pembagian kelompok untuk penugasan media.

Pelatihan kedua dimulai pukul 08.30-12.30 WIB. Kegiatan dimulai dengan tilawah dan dilanjutkan dengan materi. Materi yang disampaikan pada sesi pertama yaitu mengenai Posyandu disampaikan oleh Haerani Ahmad. Setelah materi pertama, dilakukan ice breaking berupa senam making melody. Pemaparan materi kedua juga disampaikan oleh Haerani Ahmmad yaitu materi MPASI.Sesi selanjutnya adalah sharing session bersama anggota Peduli Pangan dan Gizi HIMAGIZI tahun 2017. Sharing session ini membahas seputar pengalaman kakak-kakak PPG tahun laludi NA yang sudah pernah mereka ikuti pada tahun-tahun sebelumnya.Sesi pemaparan materi, pada pelatihan pertama maupun kedua, dan sharing session ini bersifat interaktif karna peserta juga diberikan kesempatan bertanya.Pada pelatihan kedua ini, dilaksanakan juga simulasi penyuluhan oleh para volunteer NA 2018. Setiap kelompok akan mensimulasikan cara penyuluhan kepada anak SD maupun ibu-ibu posyandu menggunakan media yang ditugaskan pada pelatihan pertama.  
m
Sambutan oleh Koordinator Kemahasiswaan
n
Pembukaan oleh MC
o
Penyampaian materi Pedoman Gizi Seimbang oleh Khoirul Anwar
p
Pemberian Cenderamata oleh ketua divisi kepada kak Khoirul Anwar
q
Peserta yang aktif bertanya
r
Penyampaian materi Posyandu dan MP ASI pada pelatihan 2
s
Pemberian Cenderamata oleh Ketua Pelaksana kepada kak Haerani
t
Sesi sharing dari alumni divisi Peduli Pangan dan Gizi 2016/ 2017
u
Simulasi media oleh tiap kelompok
v
Pemenang simulasi terbaik
w
Pemenang media terbaik
x
Penutupan dengan foto bersama

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *