Kabinet Integritas

PRESS RELEASE CLC TRAINING DAYS

PR

Halo nutrilicious! Alhamdulillah akhirnya rangkaian kegiatan pelatihan Creative Learning Club (CLC) telah usai. Kegiatan pelatihan CLC ini terdiri dari dua rangakaian. Rangkaian pertama adalah pelatihan menulis essay beasiswa yang diselenggarakan pada hari Senin, 16 Oktober 2017 pukul 19.15 hingga 20.30 WIB, bertempat di ruang seminar lantai 3, Departemen Gizi Masyarakat, Fakultas Ekologi Manusia. Pemateri acara ini adalah alumni Gizi Masyarakat angkatan 50 yaitu kak Angga Rizqiawan S.Gz. Point-point materi yang disampaikan antara lain bagaimana cara merumuskan topik essay yang akan dituliskan, cara membuat essay menarik dan kredibel, serta cara menuliskan argumen yang baik dan benar di dalam essay.

Acara berlangsung dengan tertib dan dihadiri kurang lebih 15 orang mahasiswa Gizi Masyarakat dari berbagai angkatan. Antusiasme dari para peserta cukup baik, terlihat dari rasa ingin tahu peserta yang tinggi melalui berbagai pertanyaan-pertanyaan yang ajukan kepada pemateri. Setelah semua agenda pelatihan hari pertama selesai, acara kemudian ditutup dengan pemberian bingkisan kepada pemateri oleh ketua CLC, ka Afrillia Yenita dan foto bersama anggota CLC.

Rangkaian pelatihan kedua adalah public speaking yang diselenggarakan pada hari Selasa, 17 Oktober 2017 pukul 16.50 hingga 18.00 WIB, bertempat di tempat yang sama dengan pelatihan hari pertama. Pemateri pada hari kedua adalah Mbak Purnawati Hustina R S.Gz, M.Gz. Acara pelatihan kedua ini dihadiri oleh 16 orang peserta yang berasal dari beberapa angkatan mahasiswa Gizi Masyarakat IPB. Topik pembahasannya adalah mengenai leaderless group discussion (LGD) yang mencakup definisi dari LGD, perbedaan antara LDF dan FGD (focus group discussion), hal-hal yang harus dipersiapkan dalam LGD, serta tips-tips yang harus dilakukan untuk melakukan LGD dengan baik.

Selain itu, topik yang tidak kalah pentingnya untuk dibahas yaitu mengenai interview, yang merupakan salah satu tahapan dalam seleksi beasiswa maupun pekerjaan. Suasana pelatihan hari kedua semakin hidup karena adanya praktik langsung LGD setelah pemaparan materi usai. Acara ini ditutup dengan pemberian bingkisan serta sertifikat kepada pemateri oleh ketua CLC.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *