Kabinet Integritas

[Kultweet] Bumbu dan Rempah? Bedanya Apa?

rempah

Bumbu adalah bahan-bahan sebagai penyedap makanan yang berfungsi untuk membangkitkan selera makan, yang digunakan dalam keadaan segar atau basah. Bumbu berasal dari bahan makanan hewani maupun dari tumbuh tumbuhan (Nurani 2010). Beberapa bahan yang termasuk bumbu yaitu

bawang putih, bawang merah, jahe, kencur, dan lain lain.

Rempah adalah bahan aromatik yang digunakan untuk memasak dan kesehatan berasal dari tumbuhan (Nurani 2010). Rempah ada umumnya dibagi dua yaitu rempah basah (kunyit, jahe, kencur, dan bawang-bawangan) dan rempah kering (jinten, lada, kemiri, dan ketumbar). Fungsi rempah terdapat dalam bidang kuliner yaitu untuk menmbah cita rasa dari masakaan dan kesehatan tubuh sebagai obat luar atau dalam (Jumarani 2009).

Berbagai jenis rempah yang ada di Indoesnia, contohnya kapulaga (Amomum cardamomum Wild). Kapulaga berfungsi untuk meredakan radang lambung, mual, muntah, bau badan, dan kembung. Selain untuk obat tradisional, kapulaga dapat digunakan untuk campuran parfum dalam industri. Biji pala berwarna kecoklatan dan berfungsi untuk mengurangi gas dalam lambung, obat pencahar, pengawet, dan dapat membuat rasa ngantuk (Hambali 2005).

Lada hitam diambil dari buah pohon lada Piper nigrum L.. Manfaat dari lada hitam selain memberi cita rasa pada makasan juga dapat dibuat menjadi jamu dan seringkali minyak dari lada dimbil sebagai campuran minyak wangi. Buah lada segar berbentuk bulat, keras, dan berkulit lunak berwarna hijau. Jika ingin dperdagangkan sebagai lada hitam cukup dijemur hingga berwara hitam dan kering, sedangkan lada putih dikuas terlebih dahulu kulitnya setelah itu di jemur (Sutarno 2005). Ketumbar adalah buah dari pohon Coriandrum sativa L. Fungsi dari ketumbar yaitu mengatasi perut kembung, flu, wasir, dan anti muntah (Hambali 2005).

Cengkeh mempunyai nama latih Syzygium aromaticum. Cengkeh merupakan rempah-rempah yang berasal dari bunga tanamannya. Cengkeh mempunyai fungsi untuk meredakan sakit lambung karena lambung dingin, mual, kembung, dan masuk angin. Selain itu digunakan dalam bidang kuliner untuk membuat cookies, sup dan pastry. Kayu secang mempunyai nama latih Caesalpinia sappan L.manfaat dari kayu secang untuk pemberhentian pendaharan, pembersih darah, pengelat, penawar racun, dan antiseptik. Selain itu dapat digunakan untuk pewarna alami makanan, minuman, dan industri (Hambali 2005).

Kayu manis mempunyai nama latin Cinnamonum zeylanicum.Penggunaan dari kayu manis dalam masakan sup, rendang, dan gulai (Hambali 2005) Nama latin cabe jawa adalah Piper retrofractum Vahl. Cabe jawa dalam bidang farmasi yaitu untuk meredakan rasa sakit, obat kumur, kejang perut, dan menghilangkan dingin. Jinten mempunyai nama latin Cumicum cyminu. Jinten biasa digunakan untuk masakan sup, gulai, campuran pikel, dan lain-lain. Kemiri memliki nama latin Alleuriter moluccana. Kandungan ekstrak kemiri berfungssi untuk kesehatan kulit. Selain itu untuk mengobati ambeien, mengatasi sembelit, sakit gigi, dan sariawan. Bunga lawang atau pekak mempunyai nama latin Illicium verum berasal dari cina. Bunga lawang biasa di ditemukan dimasakan sup oriental dan soto. Bunga lawang merupakan rempah-rempah yang diambil dari bunganya, sehingga disebut bunga lawang (Hambali 2005).

Daftar Pustaka

Direktorat Jenderal Perkebunan. Statistik Perkebunan Komoditi Teh Indonesia 2013-2015. Jakarta(ID). [Desember 2014].

Direktorat Jenderal Perkebunan. Statistik Perkebunan Komoditi Kopi Indonesia 2013-2015. Jakarta(ID). [Desember 2014].

Direktorat Jenderal Perkebunan. Statistik Perkebunan Komoditi Kakao Indonesia 2013-2015. Jakarta(ID). [Desember 2014].

Hambali E, Permanik R, Fatmawati. 2005. Membuat Aneka Bumbu Instan Kering. Jakarta (ID): Penebar Swadaya.

Jumarani L. 2009. The Essence Of Indonesian Spa : Spa Inodenesia Gaya Jawa dan Bali. Jakarta (ID): Gramedia.

Nurani AS. 2010. Rempah. Bandung (ID): Universitas Pendidikan Indonesia.

Sutarno, Andoko A. 2005. Budi Daya Lada Si Raja Rempah-Rempah. Depok (ID): PT AgroMedia Pustaka.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *