Kabinet Integritas

KENALI ORTHOREXIA NERVOSA

1504173876251

Hallo sobat Nutricillious!! Kali ini kami akan berbagi informasi mengenai Orthorexia Nervosa. Penasaran? Yuk simak ulasan berikut ini!

Orthorexia merupakan istilah yang

diciptakan oleh Steven Bratman, MD pada tahun 1996 untuk menggambarkan pengalamannya sendiri dengan makanan dan makan. Istilah “orthorexia” berasal dari kata “orthos”, yang secara harfiah berarti “akurat, lurus, benar, benar atau benar” dan “oreks” yang berarti kelaparan atau nafsu makan. Istilah ini digunakan untuk “obsesi dengan gizi sehat dan tepat”. Orthorexia bukan merupakan kelainan yang dikenali secara resmi, namun serupa dengan gangguan makan lainnya. Mereka yang menderita anoreksia nervosa atau bulimia nervosa terobsesi dengan kalori dan berat badan, sementara orthorexia terobsesi dengan makanan sehat (bukan tentang “kurus” dan menurunkan berat badan).
Bagi orang dengan orthorexia, makan dengan sehat telah menjadi gangguan ekstrem, obsesif, psikologis dan kadang-kadang berbahaya secara fisik, berhubungan namun cukup berbeda dari anoreksia. Orang dengan orthorexia cenderung menghindari makanan yang mengandung residu pestisida atau bahan hasil rekayasa genetika, makanan berlemak tidak sehat yang mengandung terlalu banyak garam atau terlalu banyak gula dan komponen lainnya. Seringkali orthorexia nampaknya memiliki unsur Obessive Compulsive Disorder (OCD) atau kelainan psikologis yang menyebabkan seseorang memiliki pikiran obsesif dan perilaku yang bersifat kompulsif, seperti halnya anoreksia.
Beberapa orang dengan orthorexia mungkin juga menderita anoreksia, baik secara terang-terangan atau terselubung (menggunakan makanan sehat sebagai cara yang dapat diterima secara sosial untuk mengurangi berat badan.) Tetapi orthorexia biasanya tidak terlalu mirip dengan OCD biasa atau anoreksia tipikal. Orthorexia memiliki komponen spiritualitas yang aspirasional dan idealistik yang memungkinkannya berakar kuat pada identitas seseorang. Masalah psikologis yang paling sering dialami oleh mereka yang menderita orthorexia adalah dimana kekhawatiran makanan menjadi begitu dominan sehingga dimensi kehidupan lainnya mengalami kelalaian. Dalam kasus yang jarang terjadi, hal itu bisa jauh lebih parah, bahkan dapat mengakibatkan kematian karena kekurangan gizi.

Sumber:

Bratman S What is Orthorexia. [internet]. [diunduh 2017 Agustus 26]. Tersedia pada: http://www.orthorexia.com/what-is-orthorexia.
Matera AB. 2012. Orthorexia nervosa – an eating disorder, obsessive- -compulsive disorder or disturbed eating habit. Archives of Psychiatry and Psychotherapy. 1 : 55–60.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *