Kabinet Integritas

APAKAH KITA TETAP BUTUH OLAHRAGA SAAT PUASA??

kultweet

Olahraga merupakan kebutuhan pokok bagi manusia, karena dengan berolahraga secara teratur dapat meningkatkan kebugaran dan stamina/daya tahan tubuh. Puasa seharusnya tidak menghalangi orang untuk tetap bugar dan beraktivitas seperti biasa. Sebenarnya kunci untuk menjaga tubuh agar tetap bugar saat puasa adalah olahraga dan asupan makanan yang sehat. Beberapa hal yang perlu diperhatikan agar olahraga saat puasa dapat berjalan dengan baik. Pertama, perlu dipertimbangkan apakah kita terbiasa olahraga atau tidak. Jika tidak terbiasa olahraga, sebaiknya mulai dengan olahraga ringan seperti jalan kaki, sedangkan untuk yang sudah terbiasa dapat berolahraga sesuai dengan kebiasaan namun kurangi intensitasnya.
Olahraga sebaiknya dimulai pada hari ketiga atau keempat puasa. Saat itu diharapkan tubuh telah beradaptasi dengan kondisi puasa. Olahraga dapat dilakukan pada sore hari menjelang berbuka puasa minimal 30 menit sebelum berbuka puasa dengan aerobik ringan seperti jalan cepat, lari santai, atau bersepeda. Dengan berolahraga sebelum berbuka, cairan tubuh yang hilang akibat aktivitas olahraga akan segera tergantikan ketika waktu berbuka tiba. Setelah itu segera batalkan puasa dengan minum air putih agar cairan atau keringat yang dikeluarkan tubuh saat berolahraga dapat segera tergantikan.
Jika olahraga berat sebaiknya dilakukan sesudah berbuka puasa, hal ini karena tubuh saat melakukan olahraga berat lebih banyak memakai glikogen otot sebagai sumber energi. Jika kita berolahraga berat sebelum berbuka, gula darah dalam tubuh tidak akan cukup untuk menyuplai energi yang dibutuhkan. Lakukan olahraga paling tidak 2 jam setelah berbuka agar organ pencernaan memiliki cukup waktu untuk mencerna. Jika olahraga di malam hari yang menjadi pilihan sebaiknya berhenti berolahraga 3 jam sebelum tidur, sebab tubuh juga memerlukan istirahat untuk memulihkan diri agar dapat melakukan kegiatan sahur esok harinya.
Selain berolahraga, hal ini juga harus diimbangi dengan asupan makanan yang sehat untuk mempertahankan kebugaran tubuh saat puasa. Untuk tetap mempertahankan massa otot, saat berbuka puasa konsumsilah makanan dengan tinggi karbohidrat dan protein. Hal ini bertujuan untuk memberi makan otot dan sel-sel tubuh serta menghindari penurunan otot akibat lapar yang berlebihan. Selain itu, pastikan menu makan saat sahur juga telah memenuhi kecukupan gizi. Makanan yang dikonsumsi saat sahur sebaiknya lengkap mengandung karbohidrat, protein dan lemak, juga disertai konsumsi buah dan sayur.

Sumber:
Kartinah E. 2010. Jurus Bugar Saat Puasa. Media Indonesia.
Prasetyo Y. 2009. Olahraga di bulan ramadhan. Jurnal Medikora. 5(1): 92-100.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *