Kabinet Integritas

Apakah hubungan Indeks Glikemik dengan puasa?

poster ig kultweet fix

Indeks glikemik (IG) adalah nilai yang menggambarkan laju peningkatan kadar glukosa darah setelah mengonsumsi pangan yang mengandung karbohidrat. Pangan dengan nilai IG yang tinggi akan cepat menaikkan kadar glukosa darah sesaat setelah pangan dikonsumsi. IG diklasifikasikan menjadi tiga kategori, yaitu tinggi (>70), sedang (55-70), dan rendah (<55). Nilai IG pangan dipengaruhi oleh berbagai faktor, antara lain jenis bahan pangan, cara pengolahan, rasio amilosa-amilopektin, gula dan daya osmotik, kandungan serat pangan, pati resisten, lemak, protein, dan zat antigizi (Kemenkes 2011).Pangan dengan IG rendah akan diubah menjadi glukosa secara bertahap sehingga puncak kadar gula darah akan rendah dan fluktuasi peningkatan kadar gula darah cenderung pendek. Pangan dengan IG rendah baik dikonsumsi untuk penderita diabetes mellitus (DM) untuk menstabilkan kadar glukosa darah dan mencegah terjadinya kenaikan kadar gula darah secara signifikan. Pangan dengan IG sedang-tinggi baik dikonsumsi oleh individu normal dalam tahap tumbuh kembang, sedangkan pangan dengan IG tinggi baik dikonsumsi oleh olahragawan yang hendak bertanding karena pangan yang dikonsumsi segera dikonversi menjadi energi (BBP 2007).

Selain mengendalikan kadar gula darah, pangan dengan IG rendah juga berperan dalam mengendalikan selera makan dan menunda rasa lapar. Hal ini menjadikan pangan dengan IG rendah dianjurkan bagi individu yang menjalani puasa karena akan merasa kenyang lebih lama. Pangan degan nilai IG rendah antara lain beras pera, beras merah, talas, tortilla gandum, wortel, kacang-kacangan, pear, apel, jeruk, dan fettucini. Pangan dengan IG sedang diantaranya ubi, jagung rebus, spaghetti, es krim, dan pisang. Pangan dengan IG tinggi yaitu beras pulen, kentang, semangka, oatmeal, dan cornflakes (Kementan 2014).

DAFTAR PUSTAKA

[BBP] Badan Besar Penelitian dan Pengembangan Pasca Panen Pertanian. 2007. Sehat dengan pangan glikemik rendah. Warta Penelitian dan Pengembangan Pertanian. 29 (3): 5-7.
[Kemenkes] Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. 2011. Info Pangan dan Gizi: Media Penyalur Pangan dan Gizi. Jakarta (ID): Kemenkes RI.
[Kementan] Kementerian Pertanian Republik Indonesia. 2014. Nilai Indeks Glikemik (IG) vs Diabetes Mellitus (DM): [Internet]; http://kaltim.litbang.pertanian.go.id/ind/index.php?option=com_content&view=article&id=582&Itemid=59

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *