Kabinet Integritas

PRESS RELEASE NUTRI ACTION (TRAINING KE-2) 2017

2

Nutri Action Training merupakan salah satu rangkaian kegiatan Nutri Action 2017 program kerja dari divisi Peduli Pangan dan Gizi (PPG) HIMAGIZI. Nutri Action Training kedua dilaksanakan pada hari Minggu, 7 Mei 2017. Berbeda dengan Nutri Action Training pertama yang telah dilaksanakan, kegiatan kali ini diisi dengan materi posyandu serta materi dan praktik pengukuran antropometri. Kegiatan ini dilaksanakan di Audit GMSK-LH, Departemen Gizi Masyarakat, Fakultas Ekologi Manusia, Institut Pertanian Bogor. Peserta yang hadir merupakan fasilitator Nutri Action 2017 dari mahasiswa Gizi Masyarakat angkatan 53 sebanyak 22 orang.
Acara yang dipandu oleh Nurdiyanah dan Pingky Yola Velanda, mahasiswi Gizi Masyarakat angkatan 51 dan 52, dimulai pukul 08.16 yang diawali dengan pembacaan doa dan dilanjutkan dengan sambutan oleh Ketua HIMAGIZI, Maulana Malik Ibrahim . Nutri Action Training 2017 terdiri dari dua sesi acara. Sesi pertama adalah pemberian materi “Posyandu in Action” oleh Haerani. Pemateri pada sesi ini menjelaskan mengenai Posyandu, Kartu Menuju Sehat (KMS), Rekomendasi gizi saat menyusui dan Makanan Pendamping ASI. Peserta sangat antusias pada sesi pertama yang ditunjukkan dengan pertanyaan-pertanyaan yang diajukan kepada pembicara. Sesi pertama diakhiri dengan praktik pengisian KMS berdasarkan kasus yang diberikan.
Setelah sesi pertama berakhir, dilanjutkan dengan ice breaking yang dilakukan oleh divisi Acara. Sebelum dilanjutkan ke sesi kedua, dibacakan silabus oleh Mahdiyatur Rahmah selaku Ketua Divisi Peduli Pangan dan Gizi. Sesi kedua pada kegiatan Nutri Action Training 2017 adalah pemberian materi dan praktik “Pengukuran Antropometri” oleh Farah Diba Mutia Damanik, Ketua Klub Badan Konsultasi Gizi. Pada sesi kedua ini peserta terlihat antusias dan memiliki rasa ingin tahu yang tinggi tentang pengukuran antropometri. Hal ini terlihat dari antusiasme peserta saat praktik pengukuran antopometri yaitu pengukuran tinggi badan, Berat Badan dan Lingkar Lengan Atas (LILA). Peserta secara berpasangan bergantian mengukur antropometri satu sama lain. Materi Pengukuran antropometri diakhiri dengan evaluasi dari Klub Badan Konsuktasi Gizi terkait praktik pengukuran oleh peserta. Acara Nutri Action Training 2017 selanjutnya adalah penjelasan penugasan yang diberikan kepada setiap kelompok yang telah terbentuk pada Nutri Action Training pertama. Penugasan yang diberikan adalah pembuatan media sesuai dengan tema yang diberikan. Media akan digunakan saat praktik simulasi penyuluhan yang akan diadakan pada Nutri Action Training selanjutnya. Acara diakhiri dengan diskusi setiap kelompok dan penutupan oleh MC. Acara berakhir pada pukul 11.10.

4

1

3

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *