Kabinet Integritas

HIMAGIZI-NETWORK (MAGNET) 2017

11

More Photos

VIDEO MAGNET 2017

HIMAGIZI-Network (MAGNET) 2017 adalah salah satu program kerja tahunan divisi Hubungan Masyarakat HIMAGIZI yang dilaksanakan melalui pertemuan yang bersifat semi-formal dengan himpunan profesi gizi universitas yang berbeda di wilayah Jabodetabek. Kegiatan MAGNET 2017 ini berisikan pengenalan berbagai macam program kerja masing-masing himpunan profesi, menerapkan analisis Strength, Weakness, Opportunity, and Threat (SWOT), dan presentasi hasil studi kasus serta evaluasi hasil studi kasus tersebut.

Setiap tahunnya MAGNET memiliki tema yang berbeda, adapun tema yang diusung MAGNET 2017 ini adalah “Expend more Knowledge and Connection for Nutri-Association’s”. Tema kali ini di titik beratkan pada dua capaian, yaitu

more Knowledge and Connection. Penyampaian materi diharapkan mampu memberikan pengetahuan lebih serta keterampilan mengenai metode SWOT bagi peserta MAGNET 2017. MAGNET dilaksanakan pada hari Sabtu tanggal 25 Maret 2017 bertempat di Rk. Pinus 2 Fakultas Pertanian, Institut Pertanian Bogor. Universitas yang diundang dalam kegiatan MAGNET 2017 terdiri dari tujuh universitas antara lain Universitas Indonesia, Universitas Esa Unggul, Universitas Muhammadiyah Prof.dr.Hamka, Universitas Pembangunan Nasional ‘Veteran’ Jakarta, Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Binawan, Universitas MH. Thamrin, dan Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan St. Carolus. Namun, perwakilan dari Universitas Esa Unggul dan Universitas MH. Thamrin berhalangan hadir sehingga hanya lima universitas yang dapat hadir pada kegiatan MAGNET 2017 ini.

Rangkaian acara MAGNET 2017 dimulai pukul 07.30 yaitu peserta MAGNET mengikuti seminar keprofesian terlebih dahulu di Auditorium GMSK, IPB. Peserta MAGNET hanya mengikuti satu sesi seminar saja sampai pukul 09.30. Selanjutnya peserta dimobilisasi untuk pindah ke RK. Pinus 2 IPB untuk mengikuti kegiatan MAGNET 2017 secara keseluruhan. Kegiatan MAGNET 2017 di Rk. Pinus 2 dimulai pada pukul 10.00 yang dibuka oleh MC yaitu Anty Fatmas (GM 51). Kemudian dilanjutkan dengan perkenalan perwakilan delegasi dari setiap universitas. Peserta MAGNET 2017 dikelompokkan berdasarkan 7 bidang yang sama di organisasinya yaitu Badan Pengurus Harian (BPH), Divisi Hubungan Masyarakat, Divisi Keprofesian, Divisi Peduli Pangan dan Gizi, Divisi Informasi dan Komunikasi, Divisi Pengembangan Sumberdaya Masyarakat, dan Divisi Kewirausahaan, yang bertujuan untuk lebih memudahkan peserta dalam bertukar informasi sesuai dengan bidangnya masing-masing.

Setelah perkenalan delegasi setiap universitas, dilanjutkan dengan penyampaian matei oleh Purnawati Hustina Rachman S Gz mengenai apa itu SWOT. Selanjutnya dilakukan Focus Grup Discussion untuk menganalisis SWOT dari kasus yang telah disediakan oleh panitia. Saat menganalisis kasus SWOT, disertai dengan sharing proker masing-masing universitas pada setiap kelompok. Lalu dilanjutkan dengan ishoma dan hiburan oleh Hendri Nur Hasan (SKPM 52).

Setelah ishoma dan hiburan, kegiatan dilanjutkan dengan pemaparan hasil diskusi mengenai analisis SWOT kasus yang diberikan. Dipilih satu perwakilan dari divisi dengan kasus yang sama untuk presentasi, setelah presentasi dilanjutkan sesi diskusi dan tanya jawab untuk setiap divisi yang mendapatkan kasus yang sama. Selanjutnya dilakukan evaluasi oleh pemateri mengenai analisis SWOT tersebut. Evaluasi yang dilakukan oleh pemateri bertujuan untuk mengulas hasil analisis SWOT yang dilakukan peserta sudah sesuai atau belum.

Kegiatan MAGNET dilanjutkan dengan pemberian kenang-kenangan kepada pemateri oleh ketua pelaksana MAGNET 2017 dan pemberian kenang-kenangan oleh ketua HIMAGIZI IPB kepada perwakilan delegasi setiap universitas. Di akhir acara yaitu pukul 14.00, dilakukan foto bersama seluruh peserta MAGNET 2017.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *