2

VIDEO INTEGRAL 2017

Seperti biasa, pada awal kepengurusan HIMAGIZI periode baru, divisi PSDM dan BPH akan mengadakan program INTEGRAL (“Integrated Training to be A Great Organizer and Leader”). Integral adalah program pengembangan softskill berorganisasi, kepemimpinan, dan kemampuan kesekretariatan yang ditujukan untuk pengurus HIMAGIZI dan BPH Klub Gizi Masyarakat serta Nutrition Fair. Integral 2017 diadakan di RK GMSK LH pada hari Sabtu, 11 Maret 2017. Acara yang berlangsung dari pagi hingga sore ini selain dihadiri peserta, juga dihadiri oleh pembicara dari dosen hingga alumni Departemen Gizi Masyarakat IPB yang mempunyai kompetensi di bidangnya masing-masing.
Integral 2017 dilaksanakan dengan tema “Level Up Your Organizational Skills” yang nantinya akan membantu peserta dapat termotivasi untuk senantiasa meningkatkan kemampuan di bidang kepemimpinan, administrasi, dan berorganisasi. Rangkaian acara pertama di Integral 2017 adalah sambutan-sambutan pada pukul 07.00 lalu dilanjutkan oleh pemateri pertama yaitu Dr. Rimbawan. Beliau membawakan materi tentang falsafah organisasi, administrasi kesekretariatan, dan birokrasi yang membahas mengenai etika umum dalam surat menyurat, pengarsipan data organisasi serta perencanaan, pengendalian, dan pengorganisasian dalam manajemen organisasi agar mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Ketua Departemen kita ini dengan segala pengalamannya bercerita tentang bagaimana seharusnya kita mempunyai etos kerja yang baik dan disiplin dalam menghadapi birokrasi. Kemudian pembicara kedua yaitu Kustarto Taufani, S.Gz dari GM 48 yang membahas sikap dan gaya kepemimpinan seseorang dalam menjalankan suatu organisasi, manajemen pengambilan keputusan, dan cara memotivasi tim dalam bekerja. Di sini, beliau juga memberikan semacam kuesioner untuk mengidentifikasi gaya kepemimpinan seseorang.

Acara menjelang siang diisi oleh Nazhif Ghifari, SGz, MSi. yang menjabat sebagai sekretaris ANOKI dan pendiri Gizi Kebugaran. Beliau adalah alumni GM 45 dan membawakan materi tentang pengembangan diri lewat organisasi. Beliau juga memberikan ceramah mengenai cara suatu organisasi dalam membangun hubungan yang baik dengan pihak luar dan menciptakan trade mark organisasi sehingga meningkatkan reputasi organisasi tersebut. Setiap pembicara selesaikan membawakan materi selalu ditutup dengan sesi tanya jawab interaktif dari peserta dan ice breaking dari panitia.
Setelah ISHOMA, acara dilanjutkan dengan dr. Naufal Muharam Nurdin, S.Ked, M.Si. yang membicarakan program implement logic model agar suatu acara dapat berjalan efektif dan mengasah kemampuan penyelesaian masalah peserta. Lalu, acara terakhir adalah studi kasus mengenai permasalahan-permasalahan yang ada dalam suatu organisasi maupun kepanitian. Peserta lalu dibagi menjadi beberapa tim sesuai divisinya yang lalu akan saling memberikan argument terhadap masalah yang diberikan. Sesi terakhir ini berakhir pada pukul 16.00 WIB dan lalu ditutup dengan doa bersama. Harapannya adalah semoga pengurus HIMAGIZI periode 2016/2017 dapat semakin mencintai organisasi ini dan mengembangkan kemampuannya dalam memimpin dan menyelesaikan masalah.

1

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Post Navigation