Kabinet Integritas

Konsumsi Vitamin C Setelah Makan Seafood Buat Keracunan?!

1488621885415

KONSUMSI VITAMIN C SETELAH MAKAN SEAFOOD MENYEBABKAN KERACUNAN? MITOS ATAU FAKTA?

Dewasa ini, internet merupakan suatu media yang berpengaruh besar terhadap penyebaran segala jenis informasi, termasuk informasi kesehatan. Salah satu informasi keehatan yang cukup hangat diperbincangkan di dunia maya adalah maraknya isu tentang keracunan yang diakibatkan mengonsumsi vitamin C setelah makan makanan laut (seafood). Dilansir dari chicagotribune.com, seorang wanita meninggal dengan keadaan mengenaskan karena keracunan zat arsenik trioksida diduga karena mengonsumsi sejumlah besar udang kemudian meminum minuman yang tinggi kadar vitamin C. Udang mengandung arsenik, dan ketika dikombinasikan dengan vitamin C, akan menyebabkan perubahan struktur kimia menjadi bentuk mematikan arsenik. Bentuk mematikan menyerang organ-organ tubuhnya, dan dia meninggal dengan darah memuntahkan matanya, hidung, dan mulut. Artikel tersebut juga disertakan dengan adanya riset dari seorang ilmuwan Universitas Illinois, Amerika Serikat.

Salah satu ulasan yang berhasil dihimpun datang dari sebuah laman yang diurus langsung oleh seorang doktor yang juga mengajar di Chicago University, Dr Chet Zelasko, Phd. Menurut Dr Chet (2013), riset yang disebarluaskan memang benar pernah diadakan di University of Illinois pada tahun 1985. Sayangnya riset itu tidak dinyatakan lolos uji oleh badan penilaian karena kurangnya faktor-faktor pendukung riset. Beliau juga menyatakan, kandungan arsenik yang terdeteksi dalam udang mayoritas bersifat organik yang artinya stabil, tidak bisa berubah menjadi bentuk kimia lain oleh paparan panas, dingin, atau reaksi kimiawi lain. Sifat organik disematkan karena mampu dinetralisir oleh tubuh dengan mekanisme sistem hati. Beliau juga menambahkan, tidak akan ada reaksi kimia yang terjadi ketika jeruk dan udang dicampur bersama. Bahkan tidak ditemukan reaksi kimia beracun sebagaimana diberitakan ketika sejumlah arsenik peroksida yang merupakan bentukan murni arsenik inorganik dalam tubuh udang ketika dipadukan dengan asam askorbat.

Hal ini juga diperkuat dengan jawaban BPOM dalam laman resmi BPOM Indonesia terkait menanggapi isu ini. Menurut BPOM (2012), Organisme laut, termasuk udang mengandung sejumlah senyawa arsen organik dalam bentuk arsenobetain. Di dalam tubuh, senyawa arsenobetain akan disekresikan dalam bentuk utuh dan tidak menimbulkan efek toksik dan juga tidak terjadi reaksi dengan sediaan vitamin C. Keracunan dapat terjadi jika udang yang dikonsumsi tercemar oleh arsen anorganik (jika perairan/habitatnya tercemar oleh arsen). Tanpa dikonsumsi dengan vitamin C pun (pH 6,4-6,6) tetap dapat menyebabkan keracunan karena arsen anorganik yang masuk bereaksi dengan asam lambung, dan bila dikonsumsi bersamaan maka reaksinya semakin signifikan, karena dengan adanya vitamin C akan meningkatkan derajat keasaman lambung. Selain itu, dibutuhkan sekitar 105 kg udang yang mengandung arsen anorganik untuk dapat membunuh seorang manusia.

Selama ini, masyarakat China dan Asia Tenggara sudah biasa memadukan hidangan makanan laut seperti udang-udangan dengan sejenis kuah asam manis yang perasan jeruk nipis, asam belimbing, asam jawa, tomat, ataupun jeruk lemon. Ketiganya jelas mengandung vitamin C dalam konsentrasi tinggi. Bila memang pemberitaan tentang isu itu benar, bukankah sudah banyak korban yang meninggal akibat kasus tersebut? Jadi, janganlah mudah percaya dengan isu-isu kesehatan di internet yang belum jelas kebenarannya, sebaiknya teliti terlebih dahulu apakah isu tersebut berasal dari sumber yang resmi dan akurat atau bukan. Dan, janganlah berhenti menyantap hidangan seafood dan vitamin C hanya karena isu-isu tidak jelas.

Sumber:

BPOM. Keracunan Arsen Akibat Konsumsi Udang dan Vitamin C. [internet]. [diunduh 2017 Februari 7]. Tersedia pada: http://ik.pom.go.id/v2012/q-a/keracunan-arsen-akibat-konsumsi-udang-dan-vitamin-c.
Zelasko C. Health Myths: Shrimp and Vitamin C. [internet]. [diunduh 2017 Februari 6]. Tersedia pada: http://drchet.com/pdf/2013pdf_Messages/03-02-2013–Health_Myths–Shrimp_and_Vitamin_C.pdf.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *