Kabinet Integritas

PELAKSANAAN DAN PENUTUPAN NUTRI ACTION DI POSYANDU DAHLIA, DESA CIHIDENG ILIR 12 NOVEMBER 2016

penyuluhan-1000hpk

Nutri Action merupakan salah satu program kerja dari divisi Peduli Pangan dan Gizi, Himpunan Mahasiswa Ilmu Gizi, Institut Pertanian Bogor. Kegiatan Nutri Action meliputi kegiatan pengabdian masyarakat berupa penyuluhan tentang gizi dan kesehatan ke posyandu-posyandu di desa sekitar kampus IPB dengan sasaran ibu hamil, ibu menyusui, ibu yang memiliki balita, dan juga wanita usia subur. Salah satu Posyandu yang menjadi mitra dari Nutri Action adalalah Posyandu Dahlia yang terletak di Desa Cihideung Ilir, Dramaga, Bogor.
Kegiatan yang telah dilaksanakan di Posyandu Dahlia berlangsung selama empat kali dalam satu tahun kepengurusan ini. Kegiatan pertama yang dilakukan adalah pada hari Sabtu, 26 Maret 2016 dengan tema 1000 Hari Pertama Kehidupan. Penyuluhan dilakukan dengan menggunakan media leaflet. Kegiatan kedua mengangkat tema pedoman gizi seimbang yang dilaksanakan pada hari Minggu, 24 April 2016. Metode yang digunakan adalah melalui sosialisasi dan games menggunakan alat bantu poster dan basket gizi seimbang. Pada pelaksanaan kegiatan kedua ini yang menjadi sasaran adalah remaja karang taruna Desa Cihideung Ilir. Kegiatan pada minggu kedua diawali dengan pengisian pre test sebelum penjelasan materi. Pemahaman terhadap materi yang telah disampaikan kemudian diukur dengan memainkan games basket gizi seimbang. Setelah itu, remaja karang taruna mengisi pos test sebagai hasil akhir dari pemahaman atas materi yang telah disampaikan. Hasil yang diperoleh adalah remaja karang taruna mampu mengetahui prinsip 4 pilar gizi seimbang dan tumpeng gizi seimbang.
Kegiatan ketiga dilaksanakan hari Minggu, 15 Mei 2016 bertemakan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) dan menggunakan alat bantu poster. Sasaran kegiatan adalah remaja karang taruna Desa Cihideung Ilir kembali. Kegiatan diawali dengan review materi yang disampaikan pada minggu kedua mengenai pedoman gizi seimbang. Kemudian tim Nutri Action memaparkan PHBS di Rumah Tangga dilanjutkan dengan sesi tanya jawab. Materi yang dijelaskan mendapatkan antusiasme yang tinggi dari para remaja karang taruna melalui berbagai pertanyaan yang diajukan.
Pertemuan terakhir adalah review mengenai materi pedoman gizi seimbang sekaligus penutupan program. Kegiatan pada minggu keempat dimulai pukul 09.00. Kemudian dilakukan pembukaan oleh MC dilanjutkan dengan review materi mengenai pedoman gizi seimbang. Materi pedomang gizi seimbang yang dijelaskan, di dalamya tercantum 4 pilar gizi seimbang yang dapat dijabarkan dan dikaitkan dengan materi-materi seperti PHBS. Selanjutnya dilakukan sesi tanya jawab. Antusiasme dari peserta sangat tinggi karena banyak pertanyaan yang diajukan kepada tim Nutri Action. Setelah itu, dilakukan pemotongan tumpeng oleh Kader Posyandu Dahlia bersama dengan Ketua Pelaksana sebagai simbol penutupan program. Setelah itu, dilanjutkan dengan makan bersama dan penutupan oleh MC.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *