Kabinet Integritas

STUDENT CAREER DEVELOPMENT 2016

PicsArt_05-25-05.31.28
Student Career Development 2016 merupakan kegiatan pelatihan yang diselenggarakan oleh divisi PSDM HIMAGIZI yang diperuntukkan bagi seluruh mahasiswa Departemen Gizi Masyarakat. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan soft skill mahasiswa Departemen Gizi Masyarakat dengan cara melatih mahasiswa Departemen Gizi Masyarakat dalam membuat CV (Curriculum Vitae), menambah pengetahuan tentang skill yang diperlukan untuk menunjang karir sebagai ahli gizi, personal branding, dan public speaking. Kegiatan ini diharapkan mampu menjadikan mahasiswa Gizi Masyarakat kompeten dalam hal-hal tersebut dan dapat menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari sehingga dapat meningkatkan kompetensi mahasiswa Departemen Gizi Masyarakat. Selain itu, kegiatan ini juga diharapkan mampu menumbuhkan rasa mawas diri mahasiswa Departemen Gizi Masyarakat untuk menghadapi dunia kerja di masa yang akan datang. Tema dari kegiatan ini adalah “Upgrade Yourself with Personal Skills to be a Professional”. Tema tersebut diambil sebagai perwujudan dari tujuan diadakannya kegiatan pengembangan soft skill ini, yaitu melakukan pelatihan untuk meningkatkan kompetensi mahasiswa Gizi Masyarakat dalam menghadapi dunia kerja nantinya.
Student Career Development 2016 dilaksanakan pada hari Minggu, 15 Mei 2016 pukul 08.30 WIB di Auditorium GMSK, Departemen Gizi Masyarakat, IPB. Acara yang direncanakan dimulai pukul 08.00 WIB ini mengalami keterlambatan selama 30 menit. Acara ini dihadiri oleh Ketua Departemen Gizi Masyarakat, Dr. Rimbawan dan Komisi Kemahasiswaan Departemen Gizi Masyarakat, dr. Naufal Muharam Nurdin, M Si. Acara yang dipandu oleh Kevin Arthur H dan Diva Ayu R, Gizi Masyarakat angkatan 49 diawali dengan sambutan dari Chaerunnisa selaku Ketua Pelaksana, Wakil Ketua HIMAGIZI, Stefanus Aldo Sarwono dan Komisi Kemahasiswaan Departemen Gizi Masyarakat, dr. Naufal Muharam Nurdin, M Si.
Materi pertama Student Career Development 2016 disampaikan oleh Muhammad Sigit Susanto, Sp mengenai komunikasi efektif. Komunikasi efektif penting untuk diaplikasikan terutama pada saat presentasi, pergaulan atau diskusi sehari-hari, dan interview. Komunikasi dapat dilatih dengan cara berlatih banyak menahan mulut dan menggunakan telinga serta banyak berprasangka baik jika ada ‘ganjalan’ dan klarifikasi langsung kepada sumber pesan. Materi yang kedua mengenai Personal Branding dan CV Making disampaikan oleh Leo Wibisono Arifin, S.TP. Pembicara menjelaskan bagaimana cara menulis CV (Curriculum Vitae) yang benar agar dapat diterima dengan baik terutama untuk dunia kerja kedepannya. Materi terakhir disampaikan oleh kak Eva Fitrina Purwawinangsih, S.Gz, alumnus Gizi Masyarakat IPB angkatan 43. Materi yang disampaikan mengenai Career Supporting Skills. Skill diperlukan terutama dalam dunia kerja. Sebagai mahasiswa diharapkan memiliki kompetensi teknis dan kompetensi generik. Di tengah penyampaian materi, diputar video mengenai perkembangan teknologi di Indonesia sehingga membuat para peserta seminar semakin antusias dalam mengikuti kegiatan.
Rangkaian acara Student Career Development 2016 pada setiap penyampaian materi yang disampaikan oleh pembicara, dilakukan sesi diskusi, peserta diperkenankan untuk mengajukan pertanyaan mengenai materi yang disampaikan sehingga penyampaian materi menjadi lebih efektif. Rangkaian acara ini juga diselipkan dengan hiburan dari Pandu Amalia, Gizi masyarakat 51 dan Arif Aulia, Gizi Masyarakat 49 serta games bagi seluruh peserta sehingga menjadikan acara semakin menarik perhatian. Pada akhir acara, dr. Naufal Muharam Nurdin S.Si memberikan apresiasi terhadap kegiatan Student Career Development 201 karena dapat menghadirkan pembicara yang berkompeten di bidangnya. Secara keseluruhan acara Student Career Development 2016 berjalan dengan lancar, penuh koordinasi dengan melibatkan divisi Informasi dan Komunikasi dalam mempublikasikan acara, dan sangat berkesan bagi para peserta.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *