Kabinet Integritas

SIB (STUDENT’S INVESTMENT BAZAAR)

1462327785095
SIB (STUDENT’S INVESTMENT BAZAAR)
Kegiatan “Student’s Investment Bazaar” merupakan salah satu kegiatan HIMAGIZI berupa bazar makanan dan perlengkapan sehari-hari yang terdiri dari beberapa stand yang berisi produk-produk kewirausahaan seperti makanan, minuman, perlengkapan sehari-hari, dan sebagainya. Peserta pengisi stand produk kewirausaaan berasal dari kelompok-kelompok PKM kewirausahaan, alumni yang memiliki usaha, mahasiswa gizi dan wirausaha lainya. Stand didirikan di halaman depan Plazma (Plaza Akademika) selama satu hari mulai pukul 07.00 – 13.00 pada hari Minggu, 1 Mei 2016. Peserta pengisi stand dapat mempromosikan produknya selama acara berlangsung kepada pengunjung yang datang seperti mahasiswa atau masyarakat umum.
Acara SIB dipandu oleh Romadhony Ardiansyah dan Mahdiyatur Rahmah, Gizi Masyarakat angkatan 51 diawali dengan doa bersama yang dipandu oleh MC. Rangkaian acara berikutnya adalah sambutan ketua HIMAGIZI, Aria Putera Nugraha. Sambutan selanjutnya disampaikan oleh dr. Naufal Muharam Nurdin, S. Ked, sebagai wakil dari Ketua Departemen Gizi Masyarakat yang berhalangan hadir. Beliau memberikan apresiasi untuk acara SIB yang merupakan bazar Gizi terbesar yang diadakan pertama kali secara outdoor dengan semua biaya berasal dari HIMAGIZI.
Selama satu hari kegiatan diadakan juga babak final lomba business plan yang pendaftaran dan tahap sebelumnya telah dilaksanakan sejak tanggal 16 Maret 2016. Babak final lomba business plan berupa presentasi dipanggung yang telah disediakan di halaman depan Plazma (Plaza Akademika). Presentasi dilakukan selama 10 menit dengan 5 menit tanya jawab dari dewan juri terhadap 5 kelompok terpilih dengan proposal bisnis terbaik. Kemudian dari 5 kelompok finalis dipilih 2 kelompok dengan proposal bisnis terbaik sebagai pemenang. Pemenang pertama merupakan juara umum yang dinilai berdasarkan sistematika proposal, presentasi, kretivitas, dan kriteria penilaian lain oleh juri yang telah berpengalaman dibidang kewirausahaan. Pemenang kedua merupakan juara favorit yang dipilih berdasarkan vote dari pengunjung yang telah menyaksikan. Pemenang akan diberikan hadiah berupa uang tunai, piala penghargaan dan sertifikat.
Presentasi dibagi kedalam 2 sesi, sesi pertama menampilkan 2 kelompok yaitu Uretesi Urinoir dan Jouska Coffee dan diselingi oleh hiburan yang dibawakan oleh Dymas Widisatria Gizi Masyarakat 50 yang membawakan 2 lagu, sedangkan di sesi kedua menampilkan 3 kelompok yaitu HdT Cathering, Drakula Donut, dan Brosanis. Diantara kedua sesi tersebut ada talkshow. Talkshow dibawakan oleh narasumber yang berasal dari alumni Gizi Masyarakat IPB yang telah sukses berkarir dibidang kewirausahaan. Beliau adalah Bayu Maulana atau yang dikenal dengan nama Sam Maulana, S.Gz (penulis buku Catatan Akhir Kuliah) dan Nadia Kholila, S.Gz yang merupakan Cofaunder of Sop Duren Addict Founder of Minang Pride. Materi yang dibahas dalam talkshow mengenai wirausaha sukses. Materi tersebut berisi kiat-kiat menjadi seorang wirausaha sukses, hambatan dan kesulitan serta solusi terkait masalah tersebut. Materi tersebut disampaikan dengan tujuan untuk memotivasi pengunjung terutama mahasiswa yang menyaksikan talkshow untuk menjadi wirausaha. Secara keseluruhan acara SIB (Student’s Investment Bazaar) kali ini berjalan dengan lancar, on time, cuaca yang mendukung, dan dapat dikatakan sukses.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *