Kabinet Integritas

INFO KAFEIN

IMG_20160412_200429

Tahukah Anda mengapa kopi bisa menghilangkan rasa kantuk?
Kopi mengandung senyawa yang mengandung kafein. Senyawa tersebut berperan sebagai simultan bagi saraf manusia. Struktur kafein ini mirip dengan senyawa turunan xanthine lain yaitu adenin.

Adenin sendiri berperan dalam metabolisme energi ATP. Adenosin berfungsi menekan aktivitas saraf dan meningkatkan aliran darah pada otot. Tubuh secara alami akan mengirimkan sinyal ‘mengantuk‘ jika kadar adenosin mengalami peningkatan. Kafein dapat menyebabkan kecanduan jika konsumsi >600 mg atau sekitar 5-6 cangkir kopi 150 ml selama 10-15 hari berturut-turut. Sifat lain dari kafein adalah diuretik yaitu peningkatan ekskresi urin lebih banyak dari biasanya. Kafein dapat menghambat produksi hormon melatonin di otak yang mengatur fungsi tubuh selama tidur.

Untuk ibu hamil, konsumsi kafein berlebihan juga berbahaya karena dapat meningkatkan resiko bayi BBLR. Bahkan lebih parahnya, dapat menyebabkan keguguran spontan atau kecacatan pada janin. Juga, karena kafein meningkatkan aliran darah, bisa juga orang yang mengonsumsi kopi beresiko terkena serangan jantung. Orang yang mengonsumsi 5-6 cangkir kopi sehari beresiko 2x lebih besar terkena penyakit jantung.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *