Kabinet Integritas

Adakah Hubungan antara Konsumsi Es dengan Influenza?

es flu

Pilek atau dalam bahasa Inggris “common cold” merupakan penyakit saluran pernapasan bagian atas yang disebabkan oleh infeksi virus. Gejala penyakit flu diantaranya batuk, hidung berlendir, hidung mampet, sakit tenggorokan, demam, malaise, sakit kepala, dan kehilangan nafsu makan (WHO 2001). Virus yang menyebabkan pilek bisa bermacam-macam, namun yang paling sering adalah golongan rhinovirus (Pelczar et al. 2010). Penyebaran virus ini dapat terjadi melalui udara maupun air.

“Lalu bagaimana dengan es? Apakah es dapat menyebabkan pilek? “
Tidak, es tidak menyebabkan pilek. Es ketika dikonsumsi suhunya akan mengalami peningkatan karena suhu mekanisme homeostasis tubuh yang menjaga suhu tubuh tetap normal. Namun, berbeda ceritanya jika es yang dikonsumsi berasal dari air yang tidak bersih dan/atau tidak dibuat dengan cara yang higienis. Es yang dapat menyebabkan pilek adalah es yang dibuat dengan air tidak bersih dan terkontaminasi virus yang dapat menyebabkan flu/pilek. Es yang berasal dari air yang terkontaminasi bukan hanya menyebabkan pilek lho. Es yang dibuat dengan tidak higienis bahkan dapat menyebabkan penyakit enterik karena terkontaminasi bakeri patogen (Food and Environmental Hygiene Departement 2005).

Es yang baik adalah es yang dibuat dengan air matang dan bersih serta diolah dengan cara yang higienis. Selain itu pendistribusian es juga harus diperhatikan kehigienisannya. Ada cara untuk membedakan es yang dibuat dari air matang dan air mentah yaitu berdasarkan warna es. Jika es berwarna bening maka es tersebut terbuat dari air matang dan bersih. Es yang terbuat dari air mentah akan berwarna putih karena banyak gas yang terperangkap didalamnya (Pelczar et al. 2010). Jadi hati-hati ya teman-teman kalau mengonsumsi es. Lebih baik bikin es sendiri biar lebih aman.

Sumber:
Pelczar MJ, Chan ECS, Krieg NR. 2010. Microbiology: An Appllication Based Approach. New Dehli (IN): Tataa McGraw Hill Education Private Limited.
Food and Environmental Hygiene Departement. 2005. The Microbiological Quality of Edible Ice from Manufactuing Plants and Reatil Businesses in Hong Kong. Queensway (HK): The Government of the Hong Kong Special Administrative Region.
[WHO] World Health Organization. 2001. Cough and Cold Remedies for The Treatment of Acute Respiratory Infections in Young Children. Switzerland (CH): World Health Organization.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *