Kabinet Integritas

HIMAGIZI-Network (MAGNET) 2016

IMG_1448 EDIT
IMG_1420 EDIT

HIMAGIZI-Network (MAGNET) 2016 merupakan suatu program kerja Divisi Hubungan Masyarakat HIMAGIZI IPB yang diselenggarakan setiap tahunnya. MAGNET 2016 berisikan kegiatan sharing program kerja dan forum group discussion dengan HIMAGIZI universitas di Jabodetabek. Kegiatan ini dilakukan dengan harapan dapat semakin mendekatkan dan menguatkan hubungan antar universitas dengan mayor ilmu gizi di Jabodetabek. Selain itu, tujuan diadakannya MAGNET 2016 kali ini ialah dapat menyelesaikan dan menemukan solusi segala permasalahan yang terjadi pada setiap divisi dengan cara diskusi.
MAGNET 2016 kali ini bertemakan “Strengthen our relation and connection for better nutri collaboration”. Kegiatan dilaksanakan pada hari sabtu tanggal 19 Maret 2016 dan bertempat di Auditorium GMSK, FEMA IPB. Universitas yang diundang dalam kegiatan ini ialah Universitas Indonesia (UI), Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka (UHAMKA), Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta (UPN), Universitas Esa Unggul (UEU), dan STIK St. Carolus. Namun, perwakilan dari St. Carolus berhalangan hadir. Hal tersebut tidak menyurutkan semangat panitia dalam mensukseskan acara MAGNET 2016 kali ini. MAGNET tahun ini tidak berbeda jauh dengan MAGNET tahun sebelumnya hanya saja pada tahun ini tidak diadakannya kegiatan seminar keprofesian.
Rangkaian acara MAGNET dimulai pada pukul 09.00 yang dibuka oleh MC yaitu Alfred (GM 50) dan Asri (GM 51). Kemudian dilanjutkan dengan Focus Group Discussion (FGD) yang dipimpin oleh Holif (GM 51) sebagai moderator. Peserta dibagi menjadi 7 meja, menurut bidang yang sama di organisasinya untuk berdiskusi dan saling bertukar informasi seputar keahlian masing-masing. Di dalam FGD tersebut, peserta saling sharing proker dari tiap perwakilan himpunan yang hadir, setelah itu dilanjutkan dengan studi kasus sesuai dengan tema yang sudah disiapkan panitia. Badan Pengurus Harian membahas tentang Sustainable Development Goals (poin ke 2, 3, dan 6). Divisi Hubungan Masyarakat membahas tentang daftar kerjasama dengan perusahaan atau lembaga. Divisi Informasi dan Komunikasi membahas tentang rencana press release. Divisi Keprofesian membahas tentang Uji Kompetensi dan STR. Divisi Kewirausahaan membahas tentang entrepreneurship. Divisi Peduli Pangan dan Gizi membahas tentang hari cuci tangan sedunia. Divisi Pengembangan Sumberdaya Masyarakat membahas tentang hari gizi nasional. Lalu acara dilanjutkan dengan presentasi dari setiap meja tentang hasil diskusinya oleh perwakilan yang sudah dipilih sebelumnya oleh anggota dari masing-masing meja. Presentasi dibagi dua sesi,sesi pertama dilakukan oleh meja 1 sampai 3 sedangkan sesi kedua dilakukan oleh meja 4 sampai 7. Presentasi pertama dilakukan sebelum ishoma dan dilanjutkan setelah ishoma. Setelah presentasi sesi pertama selesai dilakukan tanya jawab oleh para peserta yang masih dipandu oleh holif (GM 51). Pada sesi ini peserta sangat memperlihatkan rasa ingin tahunya terkait dengan program-program kerja yang dilakukan di universitas lain. Kemudian, dilanjutkan dengan presentasi sesi kedua dan tanya jawab sesi kedua sama seperti yang dilakukan pada sesi pertama.
Kenang-kenangan diberikan kepada universitas yang telah hadir dalam MAGNET 2016 kali ini dan dilakukan sesi foto bersama sebagai penutup acara MAGNET 2016. Acara ditutup tepat pukul 14.00 WIB oleh MC. Sesi ini menutup rangkaian acara MAGNET 2016 dengan sukses. Semoga pertemuan ini menjadi awal dari kerjasama yang baik antar universitas yang sama-sama bertujuan untuk menggizikan Indonesia.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *