Kabinet Integritas

Press Release 9th ANIMAZI (Anniversary of HIMAGIZI)

Jpeg

Jpeg

ANIMAZI 2016 (Anniversary of HIMAGIZI) merupakan perayaan hari jadi HIMAGIZI ke-9. Ulang tahun HIMAGIZI yang jatuh pada tanggal 7 Maret 2016 ini diadakan selama 2 hari, yaitu tanggal 6 dan 8 Maret 2016 oleh divisi Pengembangan Sumber Daya Mahasiswa (PSDM) HIMAGIZI 2016 Kabinet Harmoni. ANIMAZI tahun ini mengangkat tema “Glowing Harmony In the Vintage” yang artinya HIMAGIZI ditempatkan sebagai wadah yang dapat menyinari, wadah aspirasi mahasiswa Departemen Gizi Masyarakat, Institut Pertanian Bogor dengan tidak lupa belajar dari HIMAGIZI pada periode sebelumnya.
Acara pertama diadakan pada 6 Maret 2016 dengan rangkaian acara berupa jalan santai, aerobik, kebersihan dan games antar angkatan. Jumlah peserta yang datang sebanyak 66 orang. Acara yang direncanakan dimulai pukul 06.15 WIB di Lapangan Parkir Gizi Masyarakat ini mengalami keterlambatan selama 10 menit. Acara ini dihadiri oleh Ketua Departemen Gizi Masyarakat, Dr. Rimbawan. Rangkaian acara yang pertama dimulai dengan sambutan dari Wakil Ketua HIMAGIZI, Stefanus Aldo Sarwono dan Ketua Departemen Gizi Masyarakat, Dr. Rimbawan. Setelah sambutan, peserta diarahkan untuk mengikuti jalan santai dengan rute perjalanan dimulai dari Lapangan Parkir Departemen Gizi Masyarakat – Perpustakaan LSI – Fakultas Ekologi Manusia (Fema) – Fakultas Pertanian (FAPERTA) – Common Class Room (CCR) – Fakultas Kehutanan (FAHUTAN) – Lapangan Parkir Departemen Gizi Masyarakat. Acara jalan santai ini tidak lupa dengan diselingi foto bersama bapak Dr. Rimbawan di depan perpustakaan LSI.
Setelah melakukan kegiatan jalan santai, peserta melakukan senam aerobik bersama-sama. Dengan iringan musik aerobik, ini cukup membangkitkan semangat peserta dalam mengikuti rangkaian acara. Rangkaian acara selanjutnya adalah kebersihan. Peserta membersihkan area sekitar Departemen Gizi Masyarakat, yaitu di Lapangan Parkir Departemen Gizi Masyarakat dan di taman Departemen Ilmu Keluarga dan Konsumen. Kegiatan kebersihan ini dilaksanakan dengan tujuan agar mahasiswa Departemen Gizi Masyarakat memiliki kesadaran yang tinggi akan kebersihan lingkungan. Selanjutnya, peserta diberi makanan rebusan yang terdiri dari rebusan ubi jalar, rebusan jagung, rebusan pisang, dan rebusan kacang tanah serta tidak lupa diberi minuman jahe. Dalam rangkaian acara ANIMAZI ini, tidak lupa disertai dengan games dari klub Departemen Gizi Masyarakat yaitu Badan Konsultasi Gizi (BKG) dan Gizi Olahraga (gizor). Peserta memiliki antusias tinggi untuk mengikuti lomba dan mengaktualisasikan dirinya demi angkatan.
Puncak acara ANIMAZI diadakan pada 8 Maret 2016 pukul 19.30 WIB di Auditorium GMSK, Institut Pertanian Bogor. Meskipun terjadi keterlambatan acara yang seharusnya dimulai pukul 18.30 WIB, acara ini berhasil mengundang civitas Gizi Masyarakat IPB seperti Dr. Rimbawan, dr. Naufal Muharram Nurdin, M Si., Dr. Ir. Drajat Martianto, Prof. Ir. Ahmad Sulaeman, MS, PhD, Dr. Ir. Cesilia Mety Dwiriani, M Sc, mahasiswa angkatan 48, 49, 50, 51, alih jenis, serta mahasiswa pasca-sarjana dengan total peserta 260 orang hingga memenuhi Auditorium GMSK. Acara dimulai dengan dibuka oleh MC, dilanjutkan dengan pembacaan ayat suci Al-Qur’an oleh Muhammad Nasrul Qorib. Selanjutnya, sambutan dari Humairoh Sholehah selaku ketua pelaksana, Aria Putera Nugraha selaku ketua HIMAGIZI, serta sambutan ketua Departemen Gizi Masyarakat, Dr. Rimbawan.
Acara selanjutnya yaitu pemutaran video, penampilan tarian tradisonal dan dilanjutkan dengan prosesi pemotongan tumpeng. Setelah pemotongan tumpeng oleh Dr. Rimbawan, acara dilanjutkan dengan pembacaan awarding dosen paling bijaksana, dosen yang paling mudah ditemui, dosen yang paling Internationalize, dosen terfavorit, dan dosen paling inspiratif oleh Andi Hakim Jodi dan Rima Fais Naini. Kemudian penampilan vocal grup dan puisi monolog oleh angkatan 51 semakin memeriahkan acara. Selanjutnya adalah pembacaan awarding mahasiswa paling rajin, mahasiswa Internationalize, mahasiswa paling disiplin, dan mahasiswa paling humoris oleh Stefanus Aldo Sarwono dan Putri Nur Azizah. Kemeriahan acara puncak ANIMAZI ini semakin bertambah dengan penampilan band dari para dosen. Setelah penampilan band dari dosen, dilanjutkan kembali dengan pembacaan awarding mahasiswa paling empati, mahasiswa paling populer, mahasiswa paling rapi, dan mahasiswa peduli gizi. Penampilan kreasi seni akustik dari mahasiswa juga semakin memeriahkan acara. Kemudian dilanjutkan dengan pembacaan awarding yang terakhir yaitu dosen “life time achievement” dan mahasiswa paling sering mengikuti lomba. Pada 22.00 WIB berakhirlah puncak ulang tahun HIMAGIZI ke-9 yang menjadi kebanggaan civitas akademi Gizi Masyarakat, Institut Pertanian Bogor.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *