Kabinet Integritas

NUTRI ACTION TRAINING 2016 (28 Februari 2016)

1457099137053
1457096343476

Nutri Action merupakan salah satu program kerja Divisi Peduli Pangan dan Gizi, Himpunan Mahasiswa Ilmu Gizi, Institut Pertanian Bogor. Nutri Action Training 2016 adalah kegiatan pelatihan dan pembekalan mahasiswa Ilmu Gizi sebelum turun desa yang dibimbing oleh ahli di bidangnya. Kegiatan Nutri action terbagi menjadi dua yaitu Gizi Bakti Masyaraat (GBM) dan Edukasi Gizi (EDGIZ). Kegiatan tersebut merupakan suatu kegiatan training of trainer yang ditujukan kepada anggota Nutri Action. Nutri Action Training dilaksanakan pada hari Minggu, 28 Februari 2016 pukul 08.00 s.d. 12.00 WIB di Lecture Hall, GMSK Departemen Gizi Masyarakat, IPB. Antusiasme yang tinggi dari para peserta dibuktikan dengan kedatangan peserta yang tepat pada waktunya. Sejumlah 31 anggota Nutri Action Training dan 4 orang perwakilan dari divisi HIMAGIZI memenuhi Lecture Hall guna mengikuti acara ini.
Acara yang dipandu oleh Rafif Aditio dan Fitri Purnama Sari, Gizi Masyarakat angkatan 50 diawali dengan pembacaan ayat suci Al-Quran dan dilanjutkan dengan sambutan oleh Ketua Pelaksana Nutri Action Training dan Ketua HIMAGIZI. Nutri Action Training 2016 mengadakan tiga sesi acara. Sesi pertama adalah pemberian materi terkait pelatihan pendidikan gizi untuk anak SD dan masyarakat umum oleh Khoirul Anwar, S.Gz. Pemateri pada sesi ini sangat menarik karena menjelaskan bagaimana teknik dan metode yg menarik dalam penyampaian materi: PGS, PHBS, jajanan sehat, sarapan, 1000 HPK. Pada sesi pertama ini terlihat respon peserta yang baik ditunjukkan dengan pertanyaan-pertanyaan dari peserta kepada pembicara.
Ice breaking dilakukan oleh divisi Acara sebelum melanjutkan ke sesi kedua. Sesi acara kedua adalah pemberian motivasi dan sharing alumni oleh NA. Shofiyatunnisaak. Pemateri menceritakan pengalaman dan kegiatan Nutri Action yang pernah diikuti, banyak manfaat yang dapat diperoleh dan menjelaskan hal-hal yang harus disiapkan dalam mengikuti rangkaian kegiatan Nutri Action. Sesi ketiga pada kegiatan Nutri Action Training 2016 adalah pemberian materi tentang penilaian status gizi (antropometri) oleh Kevin Arthur Hary. Pada sesi ketiga ini peserta terlihat antusias dan memiliki rasa ingin tahu yang tinggi tentang pengukuran antropometri. Bahkan peserta bersedia menjadi sukarelawan untuk mempraktikkan cara pengukuran antropometri yang telah dijelaskan oleh pemateri. Setelah materi sesi ketiga dilanjutkan dengan ice beraking sesi dua oleh divisi Acara. Acara Nutri Action Training 2016 diakhiri dengan penjelasan silabus Nutri Action, pembagian kelompok, dan penjelasan rangkaian simulasi oleh Anisa Dewi Mentari selaku ketua divisi PPG.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *