Kabinet Integritas

INTEGRAL (INTEGRATED TRAINING TO BE A GREAT ORGANIZER AND LEADER) 2016

1456236697004[1]
Kepengurusan HIMAGIZI 2016 yang telah dilantik pada 16 Januari 2016 mengemban amanah untuk menjadikan HIMAGIZI sebagai wadah aspirasi, inovasi, dan kreativitas mahasiswa S1 Ilmu Gizi serta wadah untuk pengembangan diri mahasiswa S1 Ilmu Gizi. Untuk mencapai visi dan misi HIMAGIZI 2016, pengurus harus mampu meningkatkan kinerja sebagai bagian dari organisasi yang kompeten. Pelatihan dasar kepemimpinan merupakan program kerja PSDM yang memfasilitasi para pengurus HIMAGIZI dalam mengasah jiwa kepemimpinan berorganisasi.
INTEGRAL (Integrated Training to be a Great Organizer and Leader) 2016 merupakan bentuk latihan dasar kepemimpinan yang ditujukan kepada pengurus HIMAGIZI bertujuan untuk meningkatkan softskill pengurus HIMAGIZI 2015/2016 dengan cara melatih sikap kepemimpinan, tata cara berorganisasi dan menambah pengetahuan dalam bidang kesekretariatan. INTEGRAL 2016 dilaksanakan pada hari Sabtu, 20 Februari 2016 pukul 07.30 s.d. 15.10 WIB di Auditorium GMSK, Departemen Gizi Masyarakat, IPB. Antusiasme yang tinggi dari para peserta dibuktikan dengan kedatangan peserta yang tepat pada waktunya. Sejumlah 78 pengurus memenuhi auditorium GMSK guna mengikuti acara ini.
Acara yang dipandu oleh Kevin Arthur H dan Fajria Salihah Puspita Prameswari, Gizi Masyarakat angkatan 49 diawali dengan pembacaan ayat suci Al-Quran oleh Romadony Ardiansyah dan dilanjutkan dengan penyanyian Mars Departemen Gizi Masyarakat. Rangkaian acara berikutnya adalah sambutan ketua HIMAGIZI, Aria Putera Nugraha. Sambutan selanjutnya disampaikan oleh Dr. Rimbawan, Ketua Departemen Gizi Masyarakat. Beliau memberikan apresiasi atas ketepatan waktu pelaksanaan acara dan berharap agar pengurus mengikuti rangkaian acara dengan sungguh-sungguh sehingga mampu mengimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari.
Materi pertama INTEGRAL (Integrated Training to be a Great Organizer and Leader) mengenai hakikat organisasi disampaikan oleh Dr. Rimbawan. Terdapat pesan penting atas penyampaian materi beliau, yaitu hal-hal yang harus diketahui dalam berorganisasi adalah blocking, dominant people, dan group think. Selanjutnya adalah penyampaian materi oleh Adiarti Nursasanti, S.Gz., alumnus Gizi Masyarakat IPB angkatan 44 yang menyampaikan materi mengenai organisasi. Banyak pengetahuan yang didapat mengenai cara-cara dan etika dalam berkomunikasi publik.
Materi administrasi dan kesekretariatan disampaikan oleh Dora Andriani, S.Gz., alumnus Gizi Masyarakat IPB angkatan 48 yang telah berpengalaman dalam kesekretariatan. Dalam penyampaiannya beliau memberikan motivasi, serta tata cara administrasi dan kesekretariatan yang baik. Banyak pengetahuan yang didapat mengenai sponsorship guna kelangsungan berorganisasi. Materi mengenai tips sukses berorganisasi selanjutnya disampaikan oleh dr. Naufal Muharam N, MS. Pada akhir acara, Al Mukhlas Fikri, ketua HIMAGIZI periode 2013/2014 dan Andi Hakim Jodi, ketua HIMAGIZI periode 2014/2015 memberikan motivasi singkat kepada seluruh pengurus HIMAGIZI periode 2015/2016.
Rangkaian acara yang diselipkan dengan games bagi seluruh peserta menjadikan acara semakin menarik perhatian. Secara keseluruhan acara INTEGRAL (Integrated Training to be a Great Organizer and Leader) kali ini berjalan dengan lancar, on time, penuh koordinasi dengan melibatkan divisi Informasi dan Komunikasi dalam mempublikasikan acara, dan sangat berkesan bagi para peserta.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *