Kabinet Integritas

Mengapa Penting Makan Buah ?

Makan buah memberikan manfaat kesehatan – orang yang memakan buah dan sayuran lebih banyak merupakan bagian dari diet sehat seperti menurunkan resiko beberapa penyakit kronis. Buah-buahan memberikan zat gizi penting bagi kesehatan dan pemeliharaan tubuh Anda.
Zat Gizi
– Kebanyakan buah secara alami rendah lemak, sodium dan kalori.
– Buah-buahan adalah sumber dari banyak zat gizi penting atau esensial termasuk potasium, serat makanan, vitamin C dan asam folat.
– Diet kaya kalium dapat membantu menjaga tekanan darah normal. Buah sumber potasium antara lain pisang, plum, peach, aprikot kering, melon, dan jeruk
– Serat makan dari buah-buahan dapat membantu menurunkan kadar kolesterol darah dan dapat menurunkan risiko penyakit jantung. Serat penting bagi fungsi usus yang tepat, yaitu dapat membantu mengurang sembelit dan diverticulosis. Makanan yang mengandung serat seperti buah-buahan membantu memberikan rasa kenyang dengan kalori lebih sedikit. Buah utuh atau buah yang telah dipotong-potong merupakan sumber serat pangan; jus buah yang mengandung sedikit atau tidak serat.
– Vitamin C penting untuk pertumbuhan dan perbaikan semua jaringan tubuh, membantu menyembuhkan luka dan membentuk gigi dan gusi yang sehat.
– Folat (asam folat) membantu tubuh membentuk sel darah merah. Wanita usia subur yang sedang hamil disarankan untuk mengonsumsi folat yang memadai dari makanan, dan di sampin 400 mcg asam folat sintetis dari makanan yang difortifikasi atau suplemen. Hal ini akan mengurangi cacar tabung saraf, spina bifida dan anencephaly selama perkembangan janin.
Keuntungan bagi kesehatan
– Makan makanan kaya sayuran dan buah-buahan sebagai bagian dari diet sehat dapat mengurangi risiko penyakit jantung, termasuk serangan jantung dan stroke.
– Selain itu makan makanan kaya sayuran dan buah-buahan dapat mengurangi resiko terjadinya kanker.
– Diet makanan yang kaya akan serat seperti sayuran dan buah-buahan dapat mengurangi resiko penyakit obesitas dan diabetes mellitus tipe 2.
– Makan sayur dan buah yang kaya kalium sebagai bagian dari diet sehat dapat menurunkan tekanan darah dan juga dapat mengurangi risiko perkembangan batu ginjal dan membantu menurunkan kekeroposan tulang.
– Makan makanan seperti sayuran dan buah-buahan yang rendah kalori mungkin lebih berguna dalam membantu asupan kalori yang lebih rendah daripada buah yang tinggi kalori.

Sumber : USDA MyPlate Fruit Group-Nutrient and Healthy benefits

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *