Kabinet Integritas

Roti

Roti salah satu makanan pokok yang terkenal berasal dari negara eropa. Roti berkembang pesat dari awal sejarahnya, hingga berbagai negara-negara memiliki jenis roti yang khas dengan namanya masing-masing. Sebut saja tortilla, pita bread, roti maryam,roti canai, bakpao, pizza, dsb. Di indonesia, roti menjadi makanan pokok alternatif pengganti nasi. Sebagai pilihan untuk menu sarapan, cemilan di saat santai, dan lainnya.
ROTI
Bagaimana kamu menikmati roti ?? Roti dengan olesan seperti selai buah, kacang dan keju biasa menjadi pilihan. Roti dengan bahan lain yang mengandung telur, mentega dan susu biasanya jadi favorit banyak orang. Utamanya karena lebih memiliki rasa, tekstur empuk dan kebanyakan berjenis manis. Walau akan memberi kebaikan untuk Anda, pastikan tidak terlalu banyak mengkonsumsinya.Jangan lupa bagi beberapa yang memiliki alergi, roti tidak disarankan untuk dikonsumsi. Roti dapat mengandung garam/sodium tinggi, perhatikan jumlah asupan jika sedang dalam program diet untuk kesehatan. Juga mengandung gluten yang memberi kelembutan dan kekenyalan dari tekstur roti, akan memicu alergi bagi mereka yang sensitif. Selalu perhatikan label informasi produk yang tercantum dalam kemasan untuk mengetahui kadar atau bahan yang digunakan yaa.
Roti secara umum memiliki kandungan karbohidrat yang tinggi. Jenis karbohidrat yang terkait dengan roti diantaranya adalah gula dan serat. Roti juga mengandung zat bermanfaat, seperti vitamin B1, vitamin B2, dan niasin serta sejumlah mineral berupa zat besi, yodium, kalsium, dan kandungan mineral lainnya. Vitamin B kompleks (antara lain B1, B2, niasin, B6, asam folat) banyak terdapat pada gandum. Dari segi kandungan gizi, dibandingkan dengan roti gandum, roti tawar putih yang berbahan dasar tepung terigu memiliki kandungan gula yang tinggi, kandungan serat yang rendah, serta kadar vitamin B kompleks yang rendah.

Belakangan ini roti juga diperkaya dengan asam lemak tak jenuh ganda (PUFA) dan kelompok Omega-3 jenis EPA (Eicosa Pentaenoic Acid) dan DHA (Docosa Hexaenoic Acid). Roti isi tuna merupakan salah satu contoh roti yang diperkaya Omega-3.

Selamat makan roti, ya 😀

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *