Kabinet Integritas

Tips Gizi Saat Ujian #examfood

  1. Saat-saat ujian, fungsi otak sangat penting banget sob. Ada triknya dari sisi gizi loh, hastagnya #examfood ya
  2. Kalau asupan buat otak oke, belajarnya maksimal, ngerjain soal sambil merem juga bisa :p #examfoodv
  3. Makanan merupakan salah satu faktor penting untuk kualitas otak! Setuju? RT dong :) #examfood
  4. Did you know? Sebanyak 20-30% energi yang masuk ke tubuh dari makanan digunakan untuk kerja otak! #examfood
  5. Saat asupan energi otak tidak terpenuhi, neuron bisa ga prima, kinerja menurun, lalu ujiannya? :( #examfood
  6. Melewatkan sarapan berisiko besar mengalami kurang energi, ujian gak sarapan bukan ide yg baik ya. #examfood
  7. Eh kurang energi berkelanjutan akibatkan transport oksigen ke otak berkurang, ini awal penurunan kognitif. #examfood
  8. Ada yang tau, apa sumber utama energi untuk kerja otak? Merupakan gula sederhana sob. #examfood
  9. Yap! Glukosa sumber energi otak. Sumbernya: nasi, jagung, roti, mi instan atau singkong sob! :) #examfood
  10. Konsumsi sumber glukosa baiknya tidak kurang atau berlebih, pas saja. Untuk nasi, 3 mangkok kecil/hari :) #examfood
  11. Tidak semua lemak jahat loh! Ada 2 asam lemak esensial yg penting utk tubuh & otak. Ada yang tahu? :) #examfood
  12. Yap! Omega 3 & 6, EPA, DHA adalah jenis lemak baik yg sangat penting untuk fungsi membran sel otak. #examfood
  13. Salah satu #examfood paling baik >> Ikan laut. DHA ikan laut berfungsi sbg zat pembawa rangsang di neuron2 otak :)
  14. Alergi Ikan laut? Jagung, canola, sayuran hijau & kacang2an jg mengandung omega-3 yg bagus untuk otak! :) #examfood
  15. Kekurangan omega-3 akibatkan kerusakan retina (fungsi visual) serta menggangu syaraf sensorik & motorik :( #examfood
  16. Sedangkan kurang omega-6 menurunkan kemampuan sel syaraf untuk menggunakan energi hasil oksidasi glukosa #examfood
  17. Tips makan siang saat ujian>> nasi+ikan+sayur jagung dan buah hehe :) #examfood
  18. Protein di daging, telur atau susu merupakan bahan dasar pembuatan neuron. Ibu dan bumil harus notif nih! :) #examfood
  19. Kafein (kopi) & theobromin (cokelat) merangsang endofrin utk merelaksasi otak saat stress ngapalin utk ujian :) #examfood
  20. Pigmen pada kulit buah jg meningkatkan penghantaran sinyal antar neuron, kinerja otak meningkat, ujian beres #examfood
  21. Suka telur? Selain protein, di telur jg ada zat kolin yg memperlancar penghantaran sinyal di simpul syaraf. #examfood
  22. Vitamin K yang banyak terdapat pada sayuran hijau juga meningkatkan fungsi kognitif. #examfood
  23. Tau kuaci? Di kuaci ada zat tiamin & VitB yang meningkatkan memori & fungsi kognitif otak loh :) #examfood
  24. Gizi untuk otak bukan hal yang instan dan perlu dijaga saat ujian aja. Baiknya diperhatikan bahkan sejak 1000 HPK sob.
  25. Kalau dari kehamilan, Ibu sudah memperhatikan asupan untuk perkembangan otak bayi, kualitas SDM kita dapat meningkat :)
  26. Sekian sekilas tentang #examfood, edisi ujian sob. Ingat hasil perjuangan ujianmu akan terpatri di ijazah #tsah

From: @EdukasiGizi
fbb5bb1882a6bd267163c634a4708b23

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *