Kabinet Integritas

Tele-Conference SUN Movement

Gerakan percepatan perbaikan gizi (Scaling Up of Nutrition/SUN) yang difokuskan pada 1000 hari pertama kehidupan (1000 HPK) telah dicanangkan sejak September 2010 oleh Negara-negara yang menghadapi masalah gizi. USA dan Irlandia adalah Negara yang mempelopori gerakan 1000 HPK. Negara seperti Uganda, Malawi, Bangladesh, Nepal dan Ghana adalah Negara yang pertama kali berkomitmen terhadap tujuan SUN. Indonesia mulai berkomitmen terhadap SUN sejak tanggal 22 Desember 2011.
Fase 1000 HPK telah terbukti secara ilmiah merupakan periode dari ibu hamil sampai dengan anak usia 2 tahun. Setiap Negara telah sepakat untuk meningkatkan upaya perbaikan gizi sejak ibu hamil sampai dengan anak berusia 2 tahun.
Dalam rangka meningkatkan komunikasi antar Negara-negara ASEAN terkait dengan kemajuan kegiatan “SUN Movement” , Sekretariat “The SUN Movement” telah membuat agenda pertemuan untuk mendiskusikan pelaksanaan dan kemajuan “The SUN Movement”. Salah satu agenda pertemuan, telah dilaksanakan “Tele-conference” pada hari Kamis, 30 Januari 2014 bertempat di Bappenas mendiskusikan “Sistim Informasi Gizi: Pengumpulan Data, Analisa dan Pelaporan dan Kemajuan SUN setiap Negara serta Prioritas 2014”. Peserta “Tele-Conference” 3 negara anggota “The SUN Movement” Negara ASEAN (Indonesia, Bangladesh dan Laos). Pembicara dari Indonesia adalah Kepala Biro Kesehatan dan Gizi Bappenas dan Direktur Bina Gizi Kemenkes RI serta Sekretariat SUN Indonesia.
Dalam Tele-conference yang dipandu oleh oleh David Nabarro, Coordinator dari “The SUN Movement” di New York-USA, Setiap Negara menjawab pertanyaan yang diajukan oleh David Nabaro terkait Sistem Informasi Gizi, kemajuan SUN dan prioritas kegiatan SUN 2014. Di Indonesia sendiri, kegiatan SUN telah didukung oleh Pemerintah dengan dikeluarkannya Peraturan Presiden Nomor 42, Tahun 2013 Tentang Gerakan Nasional Percepatan Perbaikan Gizi yang difokuskan pada Perbaikan Gizi pada 1000 Hari Pertama Kehidupan. Dalam rangka implementasi Perpres tersebut, akan dilakukan berbagai kegiatan baik di pusat maupun di daerah. Pada tahun 2014 Melalui Proyek Millenium Challenge Corporation akan dilaksanakan kegiatan Rintisan Model Penanggulangan Stunting di 11 provinsi dan 64 kabupaten. Berdasarkan diskusi melalui Tele-Conference, disimpulkan bahwa setiap Negara akan memperkuat sistem informasi gizi mulai pengumpulan dan analisis data, pelaporan dan pemanfaatan data untuk evaluasi, perencanaan dan tindakan cepat

From: http://gizi.depkes.go.id/tele-conference-sun-movement

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *