Kabinet Integritas

Kultwit Protokol Olahraga

Kultwit #ProtokolOR oleh @GiziKebugaran

  1. ayo sobat bugar kalau berolahraga sudah yakin benar? tau gak sih panduan berolahraga ? #ProtokolOR
  2. saat berolahraga sobat melakukan pemanasan dulu atau malah langsung intinya (jogging, maen badminton dll) #ProtokolOR
  3. kalau sobat pemanasan dulu, bagaimana pemanasan yg sobat lakukan sudah cukup atau sudah benar ? #ProtokolOR
  4. nah kita akan kupas mengenai #ProtokolOR saat sobat berolahraga, ada yg sudah melakukannya sob ?
  5. kita bagi #ProtokolOR dalam 3 bagian; a. pemanasan b. inti c. pendinginan.. Ada gak sobat yg selalu melakukan semuanya ?
  6. semua tahapan ini sangat penting untuk mendapatkan manfaat maksimal dari olahraga yg kita lakukan #ProtokolOR
  7. kita bahas satu persatu ya sob mengenai #ProtokolOR siap ??
  8. a. pemanasan, ini adalah bagian yg sering dilupakan karena dianggap sepele, tul ga sob ! #ProtokolOR
  9. padahal sangat penting untuk tau dan melakukan pemanasan dg baik #ProtokolOR
  10. manfaat pemanasan; meningkatkan suhu tubuh, mempersiapkan otot & mencegah cedera #ProtokolOR
  11. nah sob, sangat penting kan manfaat pemanasan. Jd jangan di skip ya tahap ini ! #ProtokolOR
  12. bagaimana kita memulai pemanasan sob ? #ProtokolOR
  13. pertama dg mengukur denyut nadi 1 menit (denyut nadi istrahat) sbg patokan kondisi awal #ProtokolOR
  14. targetkan denyut nadi latihan dg rumus ; 220-umur = 100% intensitas maksimal (DNM) olahraga kita #ProtokolOR
  15. nah sekarang sobat kompare dg tujuan olahraga yg akan sobat lakukan; utk OR kesehatan 60-80% DNM
  16. atau untuk olahraga prestasi (atlet) 80-95% DNM, sobat tinggal pilih, jgn kurang atau melebihi kemampuan sobat ya #ProtokolOR
  17. oh iya mengukur denyut nadi 1 menit cukup periksa DN di tangan / leher, itung 15 detik tar hasilnya dikali 4 ya #ProtokolOR
  18. sekarang sobat dah ada batasan kan olahraga yg dilakukan shg gak berlebih atau kurang #ProtokolOR
  19. kalau berlebih akan cedera dan malas mau berolahraga kembali #ProtokolOR
  20. atau bahkan kurang dari target yg membuat hasil yg diharapkan jd sangat kecil/gak ada yg bikin gak mau OR #ProtokolOR
  21. jadi ngukurnya 2x sob, sebelum & tepat sesaat setelah sobat selesai berolahraga ya, sebelum pendinginan #ProtokolOR
  22. sekarang lanjut gerakannya sob, lakukan gerakan berurutan dari kepala-kaki atau kebalikannya sob #ProtokolOR
  23. gerakan berurutan supaya sobat ga melewatkan setiap bagian tubuh sobat (otot besar) #ProtokolOR
  24. nah saat melakukan gerakan, lakukan maksimal (sampai terasa sedikit ketarik ototnya) & tahan 10 detik #ProtokolOR
  25. fungsi maksimal adalah agar otot berkontraksi dan meningkatkan kelenturan sobat bugar, mantap kan #ProtokolOR
  26. mengenai tahan 10 detik itu untuk adaptasi terhadap kontraksi yg terjadi sehingga terjadi peningkatan #ProtokolOR
  27. dimulai dg gerakan statis (diam) lanjutkan gerakan dinamis (menggerak-gerakan, memutar, menoleh dsb) #ProtokolOR
  28. pemanasan bisa dilakukan sendiri (aktif) atau dg bantuan teman/alat (pasif) nah tinggal pilih sob ! #ProtokolOR
  29. ada beberapa gerakan yg sebaiknya berhati2 melakukannya atau bahkan di hindari sob ! #ProtokolOR
  30. salah satunya memutar kedua lutut sob seperti “bor” krn lutut itu sendi engsel bukan sendi putar sob #ProtokolOR
  31. kalau sobat lakukan nanti akan berdampak jangka panjang pada cedera lutut berkepanjangan #ProtokolOR
  32. lakukan pemanasan 5-10 menit & lakukan dg senang untuk hasil maksimal #ProtokolOR
  33. nah sobat bugar, #ProtokolOR tentang pemanasannya cukup ya sob, lanjut inti dan pendinginan di tweet berikutnya
  34. nah sekarang sobat harus sesuai #ProtokolOR ya olahraganya agar hasilnya maksimal !
  35. mohon RT atau komentarnya sob terkait kultwet kami tentang #ProtokolOR dg konsultasi dari pak @murykuswari
  36. nanti kita lanjutkan kultwit #ProtokolOR tahap inti dan pendinginan ya sob, selamat malam.. Love you all sob, nite !

From: http://chirpstory.com/li/181857

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *