Kabinet Integritas

Kalsium itu Unik

Kalsium merupakan salah satu zat gizi esensial buat manusia. Tau nggak, diantara mineral yang lainnya, kalsium ini unik lho. Uniknya di mana ? Simak ya penjelasannya. hehe

Kalsium itu mineral yang paling banyak menyusun tubuh manusia di antara mineral yang lainnya. Salah satunya adalah meyusun tulang kita. Tulang akan tumbuh ke atas, kuat, dan sehat ketika kalsium yang digunakan untuk menyusunnya juga cukup. Oleh karena itu agar tidak kekurangan kalsium maka konsumsilah pangan sumber kalsium. Biasanya kita mengenal pangan sumber kalsium itu dari susu, iya nggak ? . tapi tau kah kalau selain susu juga ada sumber kalsium yang ‘nilai biologis/nilai gizi’nya jauh lebih baik ?

ada yang tau brokoli ? ya, brokoli merupakan salah satu sumber kalsium yang memiliki ‘nilai biologi/nilai gizi’ kalsium yang lebih baik dari susu. ‘nilai biologi’ susu sekitar 30% sedangkan brokoli sekitar 50%, wah hampir dua kali lipatnya ya ? hehe. Uniknya di sini, biasanya pangan hewani LEBIH BAIK ‘nilai biologi/nilai gizi’nya dari pada pangan nabati. tapi untuk kasus kalsium, terutama perbandingan antara susu dan brokoli, lebih OKE Brokoli cuy, hehe

nah kalo misalnya bosen nih minum susu, maka bisa tuh diganti dengan mengkonsumsi brokoli. Brokoli ‘sayuran otak’ manfaatnya luar biasa lho. Bagi kamu kamu yang pengen tetap sehat, direkomendasikan banget deh untuk mengkonsumsi brokoli. Sehat itu investasi cuy, investasi jangka panjang.

Oleh: Arif Agustian (GM 48)

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *