Kabinet Integritas

GEMILANG HIMAGIZI IPB 2013

Panitia dan Siswa Berfoto Bersama(GEMILANG)
Teriakan peserta menghentakan kalimat Gemilang ! (GBM-Edgiz Raih Mimpi yang Cemerlang) terdengar hingga penjuru daerah Desa Cibanteng, Bogor. Kalimat tersebut merupakan jargon penyemangat peserta dalam acara puncak Gizi Bakti Masyarakat (GBM) dan Edukasi Gizi (Edukasi Gizi) tahun 2013 yang telah dilakasanakan pada hari Minggu, tanggal 1 Desember 2013. Kedua program kerja ini merupakan program kerja tahunan yang digagas oleh Divisi Pedulu Pangan Dan Gizi (PPG), HIMAGIZI, Institut Pertanian Bogor. Tim yang terlibat dalam program kerja ini adalah Mahasiswa Departemen Gizi Masyarakat, Institut Pertanian Bogor.
Selama kurang lebih satu tahun kepengurusan, kedua program kerja telah berjalan dengan baik. Program Gizi Bakti Masyarakat (GBM) dilkasanakan di posyandu yang terletak di Desa Cibanteng sedangkan program Edukasi Gizi (Edgiz) dilaksanakan di SDN Cihideung Ilir 03. Kedua program kerja ini dilakukan setiap satu minggu sekali dan secara rutin dilakukan pada hari Sabtu. Konsep utama dari kedua program adalah memberikan penyuluhan seputar pangan dan gizi. Setiap kali turun lapang baik dalam program kerja GBM maupun Edgiz telah disusun materi seputar ibu, bayi, dan balita serta AUS (Anak Usia Sekolah).
Setelah satu tahun mengabdi kepada masyarakat dalam memberikan penyuluhan, maka dibuatlah acara puncak yang diberi nama Gemilang. Acara ini bertujuan untuk memberikan apresiasi kepada siswa dan kader posyandu yang selama setahun sudah berpartisipasi dalam kegiatan GBM dan Edgiz. Pembukaan acara gemilang diawali dengan penampilan drama musikal dari siswa SDN Cihideung Ilir 03. Selanjutnya diiringi dengan acara sambutan dan juga pemutaran video napak tilas GBM-Edgiz selama 1 tahun. Antusias siswa dan kader posyandu terlihat dari semangat mereka dalam mengikuti berbagai permainan seputar pangan dan gizi. Pernainan GBM–Pintar dan menghias nasi sehat untuk anak diikuti oleh kader posyandu. Selain itu terdapat permainaan Edgiz Juara 1 dan Games Puzzle Berlari untuk siswa SD. Permainan ini sebagai bahan evaluasi bagi tim dalam melakukan penyuluhan selama 1 tahun.
Sebelum acara gemilang ditutup terdapat pemilihan dua orang kader teladan dari tiap posyandu dan juga ucapan terima kasih secara simbolik kepada SDN Cihideung Ilir 03 yang diwakili oleh Ibu Mintarsih selaku Kepala Sekolah. Ibu Mintarsih berkomentar bahwa dengan adanya programa Edukasi Gizi membuat pengetahuan anak didiknya seputar gizi meningkat dan berharap kerja sama ini juga bisa berlansung tahun selanjutnya. Selain itu Novi Luthfiana (Ketua Divisi PPG) mengaku sangat senang karena acara berlangsung baik dan berharap semoga apa yang telah dilakukan oleh tim selama 1 tahun dapat bermanfaat.
Penulis : Nisa Mawadaturrohmah

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *