Kabinet Integritas

RI-India Tingkatkan Kerja Sama Ketahanan Pangan

JAKARTA, suaramerdeka.com – Pemerintah Indonesia dan India bertekad untuk terus meningkatkan kemitraan strategis antara lain dengan meningkatkan kerjasama investasi, perdagangan, pangan, dan pertanian.

Hal itu diungkapkan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dalam keterangan pers bersama PM India Manmohan Singh seusai pertemuan bilateral di Istana Merdeka, Jakarta, Jumat (11/10) sore. “Secara khusus, baik ketika bertemu di Brunei maupun dalam pertemuan tadi, dibahas kerja sama yang lebih kuat dan efektif dalam ketahanan pangan,” kata SBY.

Sebelum bertemu di Jakarta, Presiden SBY dan PM Singh sama-sama menghadiri KTT ASEAN-India di Brunei Darussalam.

Baik Indonesia maupun India termasuk negara dengan jumlah penduduk terbesar di dunia. Masalah ketahanan pangan menjadi mutlak. “Di masa mendatang kerja sama di bidang teknologi (pangan), investasi, menjaga kestabilan harga di tingkat global,” Presiden SBY menambahkan.

Selain bidang-bidang tersebut, kemitraan strategis Indonesia-India juga meliputi sektor-sektor seperti energi dan pertambangan, transportasi, pariwisata, pendidikan, ekonomi kreatif, industri pertahanan, antariksa dan peluncuran satelit.

Menurut Presiden SBY, kedua memiliki potensi pasar domestik yang semakin meningkat dan menguat di masa yang akan datang. “Kemitraan strategis Indonesia-India harus diletakkan pada jangka yang panjang dan harus bisa menggali potensi masing-masing untuk dikerjakan, demi kepentingan Indonesia dan India,” jelas SBY.

Kedua pemimpin juga membahas peran dan kerja sama di tingkat kawasan dan global, seperti dalam forum ASEAN-India, G20, maupun agenda pembangunan pasca 2015. “Kami memiliki banyak kesamaan dalam isu pembangunan dan masalah-masalah yang dihadapi negara berkembang,” tandasnya.

PM Singh sendiri dalam keterangannya memuji peran Presiden SBY. “Kebijakan, kepemimpinan, pandangan, dan komitmen Presiden SBY telah membawa kekuatan bagi kemitraan strategis antara kedua negara kita,” kata Singh.

Indonesia, lanjut Singh, merupakan salah satu mitra paling penting bagi India. “Dalam diskusi tadi kami menegaskan pentingnya kemitraan strategis diantara kedua negara dan bagi kepentingan kawasan,” ujarnya.

Sebelumnya, ditandatangani empat nota kesepahaman atau memorandum of understanding (MoU) diantara Indonesia dan India. MoU tersebut meliputi kerja sama bidang kesehatan, pemberantasan korupsi, narkotika, dan penangulangan bencana alam. Kerja sama pemberantasan korupsi ditandatangani oleh Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi Abraham Samad.
( Fauzan Jayadi / CN38 / SMNetwork )
Sumber: http://www.suaramerdeka.com/v1/index.php/read/news/2013/10/11/175423/RI-India-Tingkatkan-Kerja-Sama-Ketahanan-Pangan” title=”http://www.suaramerdeka.com/v1/index.php/read/news/2013/10/11/175423/RI-India-Tingkatkan-Kerja-Sama-Ketahanan-Pangan

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *