Kabinet Integritas

SIB – “Student’s Investement Bazaar”

Title: SIB – “Student’s Investement Bazaar”
Location: Node FEMA IPB
Description: Bazaar yang diisi oleh produk-produk hasil kreatifitas mahasiswa IPB, yaitu: Steak Ubi “TEAKUBI”, Donat Bakar “DOKAR”, Cattle Milk, Martabak Mini MAVIA, serta satu stand konsultasi gizi dari Badan Konsultasi Gizi (BKG) Departemen Gizi Masyarakat, Fakultas Ekologi Manusia, Institut Pertanian Bogor.
Start Date: 2013-04-29
Start Time: 08.00
End Date: 2013-05-03
End Time: 17.00

PRESS RELEASE:
SIB atau Students Investment Bazaar merupakan salah satu program kerja unggulan dari Divisi Kewirausahaan HIMAGIZI IPB. Tujuan utama dari SIB ini selain untuk pemasukan dana kas internal HIMAGIZI, juga sebagai ajang peningkatan kreatifitas di bidang wirausaha khususnya bagi mahasiswa IPB. Semua produk yang dipamerkan merupakan olahan makanan dan minuman yang resepnya dibuat sendiri oleh pemilik produk, antara lain:
1. Steak Ubi “Teakubi”, merupakan olahan ubi yang dicampur dengan pangan hewani dan disajikan dengan potongan kacang panjang serta wortel rebus dan saus steak ala Teakubi. Teakubi memiliki 3 macam rasa sesuai dengan campuran dagingnya, yaitu sapi, ayam, dan udang. Penggunaan ubi juga sebagai program diversifikasi pangan lokal untuk mengganti pangan hewani yang biasanya merupakan bahan dominan pada pembuatan steak. Eat Teakubi Will Be Happy! 
2. Donat Bakar “Dokar”, terbuat dari campuran singkong yang dijadikan donat, lalu diisi dengan selapis dagig sapi asap, tomat, serta selada. Dokar bertujuan untuk menurunkan gengsi orang Indonesia, khususnya mahasiswa IPB dalam mengkonsumsi singkong sebagai alternatif pangan lokal.
3. Cattle Milk, satu-satunya stand minuman yang mengisi pekan SIB di Node Fema. Cattle Milk dari namanya sudah pasti menggunakan bahan dasar susu, yang dibuat dengan berbagai rasa, seperti: coklat, strawberry, green tea, capuccino, dll. Susu merupakan sumber kalsium yang baik bagi tubuh. Keep Calm and Drink Milk 
4. Martabak Mini MAVIA, berbeda dengan martabak lainnya, MAVIA berukuran kecil atau mini sehingga cocok untuk dijadikan makanan selingan di sela-sela kuliah. MAVIA memiliki aneka toping, antara lain: coklat, keju, susu, strawberry, blueberry. Martabak ini memiliki aroma yang khas serta rasa yang enak dan manis.
Selain keempat stand di atas, terdapat satu stand khusus yang menjadi ciri mahasiswa Departemen Gizi Masyarakat, yaitu stand konsultasi gizi yang diisi oleh mahasiswa gizi yang tergabung dalam klub Badan Konsultasi Gizi (BKG) di bawah Klinik Gizi. Mahasiswa BKG ini telah melewati serangkaian tes dan kualifikasi untuk dapat menjadi anggota/pengurus BKG, antara lain: nilai beberapa mata kuliah minimum A, tes berkas, wawancara, hingga tes simulasi pemecahan masalah gizi. Pengunjung dapat mengukur tinggi badan, berat badan, IMT (Indeks Massa Tubuh), presentasi lemak, tekanan darah, serta bertanya mengenai apapun yang berkaitan dengan pangan dan gizi. Melalui stand ini diharapkan para pengunjung mendapatkan informasi dan lebih sadar akan pentingnya aspek gizi dalam kehidupan sehari-hari.
SIB yang telah terselenggara dari hari Senin (29 April 2013) sampai Jumat (3 Mei 2013) ini merupakan SIB pertama yang menjadi program Divisi Kewirausahaan HIMAGIZI periode 2012/2013. SIB kedua direncanakan akan terlaksana pada bulan Oktober minggu kedua atau ketiga. Harapan kami semoga kendala dan hambatan yang terjadi pada SIB pertama ini dapat menjadi evaluasi untuk SIB 2 dan semoga SIB kedua nanti lebih banyak lagi stand yang turut berpartisipasi, amin 

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *