Kabinet Integritas

Defisiensi Vitamin D di Negeri Tropis

Vitamin D memiliki fungsi penting dalam pembentukkan struktur tulang dan gigi manusia dan regulasi kalsium dalam darah. Selain itu, fungsi vitamin D adalah memperkuat sistem imun terhadap penyakit infeksi. Insufisiensi (tidak cukup) dan defisiensi vitamin D dapat menyebabkan anak osteopenia (penipisan tulang) atau osteoporosis (pengeroposan tulang) dini.
Menurut dr Aman B Pulungan SpA(K), di Indonesia telah terjadi peningkatan kasus defisiensi vitamin D pada anak di negara tropis yang kaya sinar matahari, padahal sinar UV di matahari merupakan sumber utama vitamin D. Hal ini disebabkan gaya hidup masyarakatnya sudah tidak sehat dan tidak adanya pangan fortifikasi vitamin D.
Sebanyak 75,9% siswa SD di Jakarta mengalami insufisiensi vitamin D menurut penelitian dr. Aman. Selain itu ditemukan 16,7% siswa mengalami hipokalsemia (rendahnya kadar kalsium dalam plasma darah). Jika menhgalami kekurangan vitamin D dan kalsium maka anak akan mengalami penyakit tulang metabolik atau rickets.
Untuk mencegahnya, ibu hamil dengan risiko tinggi, bisa mengonsumsi suplemen vitamin D dengan dosis 400 IU per hari dimulai sejak masa neonatus sampai usia satu tahun menurut dr. Aman. Paparan sinar matahari juga amat penting. Dengan pigmen kulit berwarna gelap yang dimiliki masyarakat Indonesia, idealnya durasi paparan sinar matahari yang dibutuhkan adalah 5×90 menit atau 450 menit per minggu.

Sumber: http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/content/view/484120/

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *