Kabinet Integritas

Agar Sehat, Perhatikan Asupan Magnesium !

Ada beberapa nutrien yang mendapatkan perhatian lebih karena seringkali orang tidak cukup mengonsumsinya dalam diet sehari-hari, seperti vitamin D, asam lemak omega-3, dan serat. Namun sudahkah Anda mengetahui tentang magnesium?

Magnesium merupakan mineral yang esensial bagi produksi energi, kesehatan tulang, dan fungsi saraf. Mineral ini ditemukan dalam tulang, jaringan, sel, dan berperan dalam lebih dari 350 reaksi biokimia dalam tubuh.

Selain peran yang dikenal dalam tubuh, magnesium telah menjadi subyek dari banyak penelitian. Sebuah studi yang dimuat dalam Journal American studi Clinical Nutrition menemukan bahwa mengonsumsi 400 miligram magnesium perhari bermanfaat untuk toleransi glukosa bagi orang lanjut usia, sehingga baik untuk mencegah diabetes. Studi lain yang dimuat dalam Journal of Clinical Neuroscience melaporkan bahwa orang yang menderita migrain berulang memiliki kadar magnesium intraselular yang rendah. Hal ini menunjukkan magnesium turut berperan dalam mencegah migrain.

Salah satu alasan mengapa magnesium jarang diulas adalah karena keberadaannya melimpah dalam makanan. Banyak orang yang sudah cukup mengonsumsi magnesium dari makanan yang dimakan sehari-hari. Makanan bagaimana pun adalah sumber terbaik dari nutrien yang dibutuhkan tubuh. Namun ketika Anda terlalu banyak makan makanan yang diproses, kemungkinan Anda tidak cukup mengonsumsi magnesium.

Orang dengan gangguan pencernaan kemungkinan kekurangan magnesium, seperti pengonsumsi alkohol dan orang lanjut usia. Oleh karenanya itu, penting bagi Anda untuk mengetahui dari mana magnesium bisa didapat.

Magnesium dapat ditemukan dalam klorofil, yaitu pigmen hijau pada tumbuhan. Maka ketika Anda makan banyak dedaunan hijau, kemungkinan Anda cukup mengonsumsi magnesium. Namun ada juga beberapa makanan kaya magnesium, antara lain:

– Ikan halibut. Hanya 85 gram ikan halibut yang dimasak sudah memenuhi 20 persen kebutuhan magnesium perhari.

– Kacang mede dan almon. Banyak kacang yang kaya magnesium, namun kedua kacang ini memiliki kandungan magnesium yang paling tinggi.

– Kedelai. Tidak hanya kaya magnesium, kedelai juga kaya akan protein dan serat.

From: health.kompas.com

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *