Kabinet Integritas

Kegemukan, Minuman Bersoda, dan Energi Seimbang


Tidak dipungkiri, kini masyarakat lebih teliti dalam memilih minuman dan makanan apa mereka konsumsi. Salah satunya karena takut menjadi gemuk. Mungkin hal ini erat hubungannya dengan kadar gula yang mereka konsumsi. Salah satu yang paling ditakuti adalah minuman berpemanis, seperti minuman bersoda.

Prof. Dr. Ir. Made Astawan, MS, pakar teknologi pangan yang juga penulis buku ‘Jangan Takut Makan Enak’menjelaskan bahwa sebenarnya tidak ada satu makanan atau minuman yang bisa disalahkan sebagai penyebab tunggal kondisi seperti kegemukan/obesitas. “Obesitas terjadi karena ketidakseimbangan antara konsumsi pangan dan penggunaan energi”, jelas Made. Dengan kata lain, penumpukan kalori lebih disebabkan oleh tidak seimbangnya aktivitas fisik dengan pola konsumsi. Sisa kalori yang tidak terpakai oleh aktivitas tubuh disimpan menjadi lemak hingga menyebabkan kegemukan dan gangguan kesehatan lainnya.

Selama ini, sebagian orang sudah terlanjur menganggap gula dalam beberapa minuman manis, seperti minuman bersoda menjadi penyebab kegemukan. Padahal, menurut Made, dilihat dari kandungan nilai gizinya, jumlah gula dan kalori dalam minuman bersoda kira-kira sama dengan yang dijumpai dalam jus buah, meski jus seringkali mengandung nutrisi tambahan seperti vitamin dan mineral.

Untuk itulah Made menyarankan, agar masyarakat perlu memiliki wawasan yang cukup dalam hal pengetahuan gizi. Terlebih seiring perkembangan gaya hidup modern ini, masyarakat dihadapkan pada banyak pilihan, termasuk dalam mengonsumsi makanan dan minuman. Dengan pengetahuan gizi yang cukup, masyarakat akan semakin cerdas dalam mengonsumsi makanan ataupun minuman sesuai dengan kebutuhan dan gaya hidup mereka.

Ingatlah bahwa;
Semua makanan dan minuman dapat dikonsumsi asalkan dalam batas-batas yang wajar dan dengan memerhatikan keseimbangan pola makan yang dikombinasikan dengan aktivitas fisik secara teratur.
Untuk mewujudkan gaya hidup yang aktif yang sehat, anda harus memiliki pola makan yang wajar dan seimbang dan melakukan aktivitas fisik secara teratur. Yang paling penting adalah mendapatkan seluruh kebutuhan gizi anda. Selain itu, pastikan agar keseimbangan energi anda tetap terjaga agar anda tetap memiliki berat badan yang sehat karena di situlah kuncinya.
Semakin aktif anda secara fisik, semakin banyak kalori yang anda bakar. Aktivitas fisik adalah penting bagi terwujudnya kesehatan yang baik secara keseluruhan.
From: detik.com

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *