Kabinet Integritas

“Junk Food” Penyehat Tubuh


“Makanan sampah” atau junk food sering disebut sebagai pantangan kesehatan. Makanan ini juga dituding tidak bernutrisi. Hanya penuh lemak dan gula. Tapi sebenarnya ada beberapa jenis junk food yang bila dikonsumsi secara wajar dapat memberikan manfaat sehat.

Konsumsi dalam porsi kecil bukan saja memberi kepuasan bagi penikmatnya, tapi juga menjaga tekanan darah tetap stabil dan pinggang tak melar. The Nest memberi bocoran daftar junk food yang baik:

Keripik

“Jika ketagihan sesuatu yang asin, sebaiknya pilih keripik kentang original tanpa rasa dibanding dengan keripik yang memiliki rasa,” ujar penulis buku ‘Unjunk Your Junk FoodAndrea Donsky’. Donsky juga menyarankan memilih merek tanpa kandungan MSG atau keripik jagung dan kedelai alami, bukan yang telah mengalami rekayasa genetik.

Cokelat

Camilan cokelat paling enak dan sehat adalah mengkonsumsi jenis dark chocolate dengan tambahan kacang almond. Bila alergi kacang, menyeduh cokelat bubuk dengan sedikit gula adalah pilihan cerdas untuk memuaskan hasrat akan cokelat. Plus, Anda akan menikmati antioksidan yang bermanfaat melindungi tubuh dari penyakit jantung.

Cake

Sepotong brownies atau kue cokelat ukuran sedang adalah pilihan camilan yang sehat. Dalam sepotong kue brownies ukuran 100 gram, mengandung 7 gram serat dan 5 gram protein, sehingga Anda lebih cenderung kenyang setelah memakannya.

Kue-kue kering

Bila ingin makan kue-kue kering, pilih kue kering dari gandum utuh atau oatmeal yang mengandung gula dan kalori lebih rendah.

Es krim

Menyantap es krim bukanlah sebuah dosa besar, asal tak dilakukan setiap hari dalam porsi besar. Sesekali memanjakan diri dengan es krim yogurt buah tak akan membuat ukuran pinggang melar. Satu porsi medium es krim mengandung 5 gram protein, dan 70-75 kalori yang aman dikonsumsi tanpa merusak diet.

Permen

Ingin makan permen? pilihan permen gummy adalah hal terbaik. Sebab, permen empuk berwarna transparan umumnya terbuat dari gula murni.

from: viva.co.id

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *