Kabinet Integritas

Lima Manfaat Santan

Selama ini santan selalu menjadi kambing hitam tingginya kadar kolesterol dalam tubuh. Namun, kita sulit menghindarinya karena produk turunan kelapa ini termasuk unsur penting dalam beragam hidangan dan kue tradisional. Daripada tak tenang saat menyantap santan, lebih baik kenali manfaatnya untuk kesehatan.
Dibalik reputasi buruknya, tak dipungkiri santan memang membuat hidangan lebih gurih enak. Ternyata, menurut situs Dr. Granny, santan juga punya sejumlah manfaat kesehatan. Makanya, jangan takut makan santan selama masih dalam taraf wajar!

1. Mempertahankan kadar gula darah
Intoleransi glukosa adalah istilah untuk kadar glukosa darah yang lebih tinggi dari level normal, namun tak begitu tinggi hingga memicu diabetes. Hal ini menyebabkan kekurangan mangan dalam tubuh. Santan termasuk bahan makanan yang kaya akan mangan.
2. Membuat kulit dan pembuluh darah tetap fleksibel dan elastis
Santan banyak mengandung tembaga, di mana mineral ini sangat penting bagi sebagian besar fungsi tubuh. Tembaga dan vitamin C mempertahankan fleksibilitas serta elastisitas kulit dan pembuluh darah.
3. Membangun tulang yang kuat
Fosfor merupakan nutrisi esensial yang dibutuhkan tubuh untuk memperkuat tulang. Pasalnya, paduan fosfor dan kalsium dapat mencegah tulang keropos. Meski tak banyak mengandung kalsium, santan tinggi kandungan fosfornya.
4. Membantu mencegah anemia
Kekurangan zat besi membuat tubuh tak dapat menghasilkan hemoglobin yang cukup untuk menjaga kadar oksigen dalam sel darah merah, sehingga menyebabkan anemia. Setiap cup (240 gram) santan mengandung hampir seperempat dari kebutuhan zat besi harian.
5. Membuat otot dan syaraf rileks
Ketika mengalami nyeri atau kram otot, konsumsilah makanan atau minuman berbahan santan. Santan kaya akan magnesium dan bisa membantu meredakan masalah tersebut. Jika tak ada magnesium, sel syaraf jadi sangat aktif karena kalsium. Hal ini menyebabkan kontraksi otot berlebihan.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *