Kabinet Integritas

1 M Penduduk Dunia Kekurangan Gizi

Delegasi Rusia ke Forum Parlemen Asia Pasifik Gorbunov Gennady mengatakan, ahli internasional menunjukkan ketahanan pangan akan menjadi isu penting yang berkepanjangan dan patut diantisipasi menyangkut pasokannya.

“Tahun 2050 diperkirakan ada 10 miliar jiwa menjadi penduduk dunia. Ini akan menjadi tantangan tersendiri mengingat jumlah penduduk kekurangan gizi mencapai 1 miliar jiwa,” ujar Gennady sebagaimana dilaporkan wartawan Kompas Stefanus Osa dari Vladivostok, Rusia, Rabu (30/1/2013) pagi ini.

Gennady mengatakan, kekurangan gizi memerlukan upaya dengan meningkatkan kualitas pangan dan potensi agraria tanpa merugikan lingkungan yang terkait kebutuhan lahan. Salah satu yang diperlukan adalah mengintensifikasi teknologi pangan.

Rusia merupakan salah satu negara kaya berbasis lahan tanpa ada batasan investasi asing. Rusia berkontribusi 20 juta ton produk pangan, 120 juta ton di antaranya produksi biji-bijian, terutama gandum. Ada pula industri perikanan sehingga membutuhkan pemeliharaan lahan perikanan. “Kami mempertahankan dengan menindak tegas penangkapan ikan ilegal,” ujar Gennady.

Rusia, katanya lebih lanjut, akan menjadi pemimpin dalam menanggapi isu-isu kekurangan pangan dan gizi masyarakat.

Bagaimana tanggapan teman-teman gizi?

Sumber: kompas.com

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *