Kabinet Integritas

Makan Sehat selama UTS

Ujian Tengah Semester (UTS) sudah tinggal menghitung hari nih! Selain persiapan belajar, persiapan fisik juga penting buat diperhatikan lho.. Percuma kan kalau kita sudah paham semua materi tapi pas harinya ujian kita malah sakit lantaran kurang memperhatikan asupn makanan. Nah, biar kita tetap fit selama ujian, ga ada salahnya buat ikutin beberapa tips di bawah ini:

  • Jangan tinggalkan sarapan. Jadwal ujian pagi bukan menjadi alasan untuk meninggalkan sarapan, karena sarapan merupakan sumber energi utama bagi otak kita sebelum siap ‘bertempur’ di ujian.
  • Banyak makan makanan berprotein tinggi. Misalnya telur, kacang-kacangan, yoghurt dan keju, terutama saat sarapan dan makan siang.
  • Hindari makan dengan porsi yang berlebihan, karena justru akan membuat mengantuk ketika ujian berlangsung.
  • Kurangi konsumsi kopi. Kopi menjadi minuman favorit saat ujian, terutama bagi mahasiswa penganut sks (sistem kebut semalam). Kandungan kafein yang berlebihan dalam kopi dapat menyebabkan sakit kepala.
  • Konsumsi jus buah atau minuman kesehatan. Hal ini dilakukan terutama apabila benar-benar tidak punya waktu untuk makan. Energi dari jus buah atau minuman berenergi dapat mencukupi kebutuhan energi sementara waktu.
  • Bawa bekal buah-buahan. Makan buah-buahan di sela-sela waktu pergantian jadwal ujian bisa menambah energi yang sudah berkurang, jadi otak bisa lebih fresh. Buah-buahan yang bisa dibawa misalnya apel, jeruk, pisang, atau mangga.
  • Konsumsi multivitamin, terutama yang mengandung omega-3 dan vitamin B yang dapat meningkatkan daya kerja otak.
  • Hindari minuman beralkohol, karena dapat menyebabkan kelelahan, sakit kepala, dan fokus berkurang.
  • Minum banyak air untuk menghindari dehidrasi selama ujian. Dehidrasi dapat menyebabkan kehilangan fokus.

Semoga tips-tips di atas dapat membantu kita untuk tetap sehat selama ujian ya! Selamat menempuh UTS 😉

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *