Kabinet Integritas

Anda Sibuk? Jangan Lupa Sarapan!

Dengan alasan sibuk, orang mengabaikan sarapan. Terlebih mereka yang ingin menurunkan berat badan. Namun, jangan salah, meninggalkan sarapan justru bisa membuat gemuk. Sebetulnya mereka ini merupakan kelompok yang berisiko mengalami sakit. Penyakit yang paling sering mereka alami adalah maag, hypoglikemia (kadar gula darah turun), yang mengakibatkan tubuh menjadi lemas, keringat dingin, tidak bisa konsentrasi dan berpikir dengan baik, bahkan sampai pingsan. Semuanya ini gara-gara meninggalkan makan pagi.

Semua orang perlu sarapan pagi yang baik, dan lebih khusus lagi untuk :
* Orang- orang yang sering stress di pekerjaan.
* Lingkungan kerja yang tidak sehat
* Perokok
* Pengkonsumsi Alkohol
* Atlit
* Manula
* Ibu Hamil & Menyusui
* Anak kecil & pelajar
* Orang-orang dengan kesehatan yang buruk

Seorang ilmuwan mengatakan sarapan pagi merupakan makanan khusus untuk otak, hal ini didukung dari sebuah penelitian yang menunjukkan bahwa sarapan berhubungan erat dengan kecerdasan mental, dalam artian, sarapan memberikan nilai positif tarhadap aktivitas otak, otak menjadi lebih cerdas, peka dan lebih mudah untuk berkonsentrasi. Hal ini secara tidak langsung akan mendatangkan pengaruh positif terhadap diri kita dalam beraktivitas, baik di sekolah ataupun di tempat kerja.

Sarapan yang baik harus banyak mengandung karbohidrat, karena kandungan karbohidrat yang kita konsumsi pada pagi hari, akan merangsang glukosa dan mikro nutrien dalam otak. Karena karbohidrat merupakan salah satu nutrien yang menghasilkan energi yang berfungsi untuk memacu otak.

Karbohidrat sendiri dibagi dalam dua jenis, yaitu karbohidrat simpleks dan karbohidrat kompleks. Dalam hal kecerdasan otak, yang perlu dikonsumsi adalah karbohidrat kompleks. Karbohidrat komplek sendiri adalah karbohidrat yang mengandung serat dan vitamin yang bisa dicerna dan diserap perlahan-lahan, sehingga kadar gula dalam tubuh naik secara perlahan. Karbohidrat jenis ini banyak dijumpai pada nasi, roti, jagung, kentang dan pasta.

Makanan berkarbohidrat kompleks mampu memberikan nilai lebih kepada fungsi otak, yaitu membantu memusatkan pikiran untuk belajar dan memudahkan penyerapan pelajaran. Bisa dibilang tingkat konsentrasi dan penyerapan lebih baik dibanding individu yang tidak sarapan.

Sebuah survai yang dilakukan pada anak-anak dan remaja menyebutkan anak yang sarapan dengan makanan yang kaya akan karbohidrat komplek, memiliki performa, lebih bisa mencurahkan perhatiannya terhadap pelajaran, perilaku yang lebih positif, ceria, kooperatif, gampang berteman dan dapat menyelesaikan masalah dengan baik. Sedangkan bagi anak yang tidak sarapan, tidak dapat berpikir dengan baik dan selalu kelihatan malas (ppg).

Sumber:

http://www.gizi.net/cgi-bin/berita/fullnews.cgi?newsid1040097570,11287,

http://kumpulan.info/sehat/artikel-kesehatan/48-artikel-kesehatan/208-awali-hari-dengan-sarapan.html

http://www.kapanlagi.com/a/ingin-cerdas-sarapan-yuk.html

4 thoughts on “Anda Sibuk? Jangan Lupa Sarapan!

  1. fantastic post, very informative. I wonder why the other experts of this sector don’t notice this. You must continue your writing. I am confident, you’ve a huge readers’ base already!

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *